KAMIS , 20 SEPTEMBER 2018

1.863 Pelamar PLN Gugur

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Minggu , 23 September 2012 09:00
1.863 Pelamar PLN Gugur

Untuk menjadi pegawai PLN, para pelamar harus menjalani tes fisik yang dilakukan Kodam VII/Wirabuana, di Lapangan Hasanuddin, Makassar, Sabtu (22/9).

Untuk menjadi pegawai PLN, para pelamar harus menjalani tes fisik yang dilakukan Kodam VII/Wirabuana, di Lapangan Hasanuddin, Makassar, Sabtu (22/9).

Makassar,– Tingginya jumlah pegawai yang memasuki masa pensiun dan pengembangan bisnis ketenagalistrikan, mengharuskan PLN memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup dan potensial. Karena itu, PLN Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat (Sulselrabar) kembali melaksanakan rekrutmen calon pegawai baru tingkat SLTA gelombang II tahun 2012.

Humas PT PLN Sulselrabar, Yamin Lole, mengatakan, dari 2.233 pelamar, 1.863 orang dinyatakan gugur setelah mengikuti tahapan tes administrasi, akademik, dan psikotes. Kini tersisa 370 peserta yang berhak mengikuti tes fisik yang diselenggarakan oleh JASDAM VII Wirabuana, Sabtu (22/9) di Makassar dan Minggu (23/9) di Kendari.

“Dalam tes fisik, setiap peserta dituntut kondisi prima melalui tes sit-up, push-up, pull-up, shutle run, tes ketinggian yang sangat memerlukan penguasaan diri,

keseimbangan, kecepatan waktu, demikian pula dengan lari 2.000 meter yang tidak boleh melewati waktu 13 menit,” terang Yamin, di Makassar, Sabtu (22/9).

Hasil tes fisik tersebut, kata Yamin, rencananya paling lambat diumumkan 26 September nanti melalui website dan papan pengumuman PLN dan Politeknik Negeri Ujung Pandang. Bagi yang lulus tes fisik akan mengikuti tes kesehatan yang rencananya diselenggarakan 1 Oktober 2012.

“Seperti biasanya, PLN menerapkan seleksi yang sangat ketat dengan sistem gugur,” ujarnya.

Yamin menjelaskan, tujuh tahapan seleksi yang harus dilalui, antara lain, seleksi administrasi, akademik, psikotes, fisik, kesehatan, wawancara dan diklat prajabatan.

Rekrutmen PLN berjalan fair menggunakan jasa konsultan atau pihak ketiga dari Politeknik Negeri Ujung Pandang, Assessment center (Aster) PLN Pusat Jakarta, Kodam VII Wirabuana dan laboratorium Prodia.

“Sehubungan maraknya modus penipuan yang mengatasnamakan panitia, seperti pernah muncul di salah satu situs lowongan kerja, PLN mengingatkan bahwa seluruh proses rekrutmen PLN tidak dipungut biaya apapun. Bila ada pihak-pihak yang menghubungi peserta dan menjanjikan sesuatu agar tidak dihiraukan,” imbaunya.(RS9/RS5/C)


Tag
div>