RABU , 14 NOVEMBER 2018

10 Makanan Fermentasi Baik untuk Kesehatan Usus Anda

Reporter:

Editor:

Iskanto

Jumat , 26 Oktober 2018 11:00
10 Makanan Fermentasi Baik untuk Kesehatan Usus Anda

penjual tempe.

JAKARTA, RAKYATSULSEL.COM – Fermentasi merupakan sebuah proses yang melibatkan penguraian gula oleh bakteri dan ragi.

Melalui proses tersebut, selain bisa membantu meningkatkan pengawetan makanan, juga memperbanyak jumlah bakteri baik di usus.

Sejumlah makanan dan minuman fermentasi yang baik untuk kesehatan usus, seperti dilansir laman Care2, Selasa (23/10), di antaranya:

1. Sauerkraut

Sauerkraut terbuat dari kubis dan merupakan salah satu makanan yang paling bergizi. Ini adalah sumber vitamin A, C, dan K, serat, tembaga, kalsium dan magnesium.

Anda bisa makan sauerkraut sendiri atau bersama salad dan hidangan yang dimasak.

2. Teh Kombucha

Kombucha adalah alternatif yang bagus untuk teh hijau dan kopi. Pada dasarnya, minuman fermentasi teh hitam dan gula. Anda lebih baik menahan hasrat gula Anda dengan kombucha daripada soda dan jus buah.

Anda bisa membuat kombucha Anda sendiri atau membelinya di toko makanan alami.

3. Kefir

Kefir hanyalah susu fermentasi yang memiliki rasa asam. Jika Anda seorang vegan, intoleransi laktosa atau sekadar tidak mengonsumsi susu, carilah kefir vegan.

Kefir vegan bisa lebih sulit ditemukan daripada versi produk susu, tetapi banyak toko makanan kesehatan mulai menyediakannya.

Penelitian menunjukkan bahwa kefir meningkatkan kekebalan, memperkuat tulang, memperbaiki pencernaan, dan membantu menyembuhkan buang air besar yang terganggu.

4. Tempe

Tempe bukan hanya sumber probiotik yang bagus, tetapi juga mengandung protein. Menambahkannya ke diet Anda akan meningkatkan kesehatan usus Anda dan membuat Anda kenyang lebih lama.

5. Acar

Acar adalah sumber vitamin K yang baik dan banyak vitamin dan mineral lainnya.

6. Kimchi

Sama seperti sauerkraut, kimchi dibuat dari kubis, tetapi memiliki lebih banyak rasa, karena Anda bisa menambahkan rempah-rempah kedalamnya.

Kimchi adalah sumber serat, vitamin A dan C, dan bakteri usus yang sehat.

7. Miso

Ini adalah pasta yang dibuat dengan memfermentasi beras, kedelai atau barley. Cara paling umum untuk memakannya adalah dengan membuat sup miso, tetapi jangan membatasi diri hanya untuk sup saja.

Tambahkan pasta miso ke hidangan utama untuk meningkatkan cita rasa.

8. Natto

Hidangan tradisional Jepang ini dibuat dengan memfermentasi kedelai. Anda tidak perlu khawatir tentang kekurangan vitamin K jika Anda menambahkan natto ke diet Anda.

Satu cangkir mengandung 50 persen vitamin K yang Anda butuhkan dalam sehari.

9. Yoghurt

Daftar ini tidak akan lengkap tanpa menyebutkan makanan paling kaya probiotik: yogurt.

Saat memilih yoghurt, pastikan yoghurt tidak mengandung tambahan gula. Jika Anda tidak suka yogurt yang terbuat dari susu, pilih yang terbuat dari kedelai, almond atau santan. Anda juga bisa membuat yoghurt vegan Anda sendiri di Pot Instan.

10. Apple Cider Vinegar

ACV mengandung probiotik yang bisa menyembuhkan usus dan memperbaiki pencernaan. Saat membeli ACV, pastikan itu mentah dan tidak dipasteurisasi.(jpnn)


div>