KAMIS , 24 JANUARI 2019

10 Penyakit Ini Wajibkan Pria Segera Disunat

Reporter:

faisalpalapa

Editor:

Rabu , 14 Desember 2016 11:05
10 Penyakit Ini Wajibkan Pria Segera Disunat

int

Sunat atau khitan biasa dilakukan sejak kecil dan umumnya dilakukan oleh umat muslim sesuai ajaran agama islam. Namun ada pula pria dewasa yang belum disunat. Lalu di saat dewasa, mereka terkena sejumlah penyakit yang mewajibkan pengobatan utama adalah sunat.

Pakar Sunat dan Pendiri Rumah Sunatan dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS menjelaskan ada 10 penyakit yang mengharuskan pria segera disunat, diantaranya :

Fimosis, ialah keadaan di mana didapatkan konstriksi atau penyempitan dari ujung kulit depan (foreskin) penis. Fimosis bisa ditemukan karena faktor genetikal (bawaan sejak lahir) atau juga bisa akibat peradangan lubang pada kulit penis.

Parafimosis, ialah kondisi saat kulup penis tidak dapat ditarik kembali ke kepala penis. Hal ini dapat menyebabkan kulup penis membengkak dan tersangkut, sehingga mencegah peredaran darah terjadi secara optimal pada penis.

Balanitis, ialah pembengkakan dan rasa nyeri atau iritasi kulit dan kepala penis. Kondisi ini cenderung lebih sering terjadi pada pria yang tidak disunat.

Kondiluma Akuminata atau kutil di dalam atau di sekeliling vagina, penis, atau dubur yang ditularkan melalui hubungan seksual. Kulit genitalis paling sering tumbuh di permukaan tubuh yang hangat dan lembab. Pada pria, area yang sering terkena adalah ujung atau batang penis dan di bawah kulit depannya apabila tidak disunat.

[next-rasul]

Hipospadia ialah satu keabnormalan pada saluran kemih atau uretra dan penis. Dalam kondisi normal, lubang uretra terletak di ujung penis untuk mengeluarkan urine. Tetapi pada penderita penyakit ini, urin justru berada di bagian bawah penis.

Epispadia ialah kelainan kongiental berupa tidak adanya dinding uretra bagian atas. Kelainan ini terjadi pada laki-laki maupun perempuan, tetapi lebih sering pada laki-laki. Ditandai dengan terdapatnya lubang uretra di suatu tempat pada permukaan dorsum penis.

Megalouretra ialah pelebaran nonobstruktif uretra. Kondisi ini biasanya terkait dengan perkembangan abnormal korpus kavernosum dalam tahap perkembangan janin.

Webbed Penis (Penis berselaput) juga disebut palmatus penis, ialah bawaan kondisi di mana kulit skrotum meluas ke batang penis ventral. Penis berselaput juga dapat diperoleh setelah sunat atau operasi penis lainnya, yang dihasilkan dari penghapusan berlebihan kulit penis ventral, penis dapat menarik kembali ke dalam skrotum, sehingga sekunder phimosis.

Kelainan pembekuan darah juga disebut trombofilia adalah penyakit yang melibatkan pembekuan darah secara berlebihan. Bahkan pada daerah di mana seharusnya pembekuan tidak boleh terjadi seperti pada pembuluh darah. Sehingga mengakibatkan kondisi yang membahayakan jiwa. (cr1/JPG)


div>