KAMIS , 19 JULI 2018

102 Ribu Wisman Kunjungi Makassar

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Kamis , 07 Desember 2017 11:10
102 Ribu Wisman Kunjungi Makassar

ilustrasi wisman

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Makassar menargetkan Wisata Mancanegara (Wisman) yang mengunjungi Kota Makassar bisa mencapai 102 ribu di akhir Desember nanti, Meski begitu jumlah Wisman hingga semester I (Januari-Juni) mencapai 55 ribu.

Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Makassar, Moh Roem, mengatakan, pihaknya optimistis kunjungan wisman hingga Desember 2017 mengalami peningkatan dan berharap ada kenaikan hingga 20 persen.

“Wisman paling banyak masuk di Kota Makassar, yaitu dari Malaysia, Singapura, Prancis, Jerman, dan Tiongkok (China). Tiongkok sendiri pada beberapa bukan terakhir banyak masuk di Kota Makassar, baik dari reguler flight maupun carter flight. Oleh karena itu, catatan akhir tahun bisa capai 20 persen,” ujarnya, Rabu (6/12).

Program yang dicetuskan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Makassar menjadi daya tarik masuknya wisman di Kota Makassar. Salah satu yang terbesar adalah dengan adanya Makassar International Eight Festival atau biasa disebut F8 yang digelar tiap September.

“Dimana F8 yang menghadirkan 24 negara memberikan dampak yang baik terhadap image Makassar, kemudian penyelenggaran event baik nasional maupun event internasional. Kita berharap 2018 nanti ada pekerjaan destinasi terutama di wisata bahari,” ujarnya.

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Makassar juga membuat promosi untuk wisatawan domestik di 17 kota besar di Indonesia dengan peluncuran branding eksplore Makassar oleh Kementerian Pariwisata untuk segmen wisman.

“Hal itu juga memberi dampak ditahun 2017 ini karena informasi dari Kemenpar materi promosi untuk kota Makassar di Malaysia dan Singapura sudah tayang dengan branding Eksplore Makassar.

Oleh karena itu, kita berharap segmen yang terdekat adalah Malaysia dan Singapura. Apalagi, ada penerbangan langsung dari kedua negara tersebut,” ujarnya. (*)


div>