RABU , 26 SEPTEMBER 2018

1125 DPT di Hapus, KPU dan Bawaslu Pinrang Koordinasi ke Disdukcapil

Reporter:

Amran Affandi

Editor:

Iskanto

Rabu , 05 September 2018 15:49
1125 DPT di Hapus, KPU dan Bawaslu Pinrang Koordinasi ke Disdukcapil

int

PINRANG, RAKYATSULSEL.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pinrang dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pinrang melakukan koordinasi ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Koordinasi tersebut terkait penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam rangka Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Berlangsung di Kantor Disdukcapil Pinrang Jalan Sukowati, Rabu (5/9).

Menurut Komisioner Bawaslu Pinrang, Rifa Wardana, ada 1125 orang DPT yang dikeluarkan oleh KPU provinsi Sulsel pada rapat Pleno penetapan DPT kemarin.

“Kedatangan kami ke Disdukcapil hanya ingin melakukan koordinasi dengan KPU dan Disdukcapil Pinrang terkait penghapusan ini,” kata dia.

Ia menjelaskan, sebagai penyelenggara, pihaknya ingin memastikan agar nama-nama yang dihapus dari DPT, kembali bisa menggunakan hak pilihnya. Apalagi penghapusan tersebut lantaran persoalan e-KTP yang belum dimiliki sebagian masyarakat.

“Kami hanya ingin memastikan, bahwa Disdukcapil untuk tetap melaksanakan Perekaman agar yang dihapus dari DPT tersebut nantinya dapat memiliki e KTP agar dapat menggunakan haknya pada pemilu 2019 nantinya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Pinrang Andi Pabiseangi menuturkan, akan memfasilitasi masyarakat untuk melakukan perekaman e-KTP hinggap pada Pemilu mendatang.

“Kami tetap melakukan perekaman hingga hari pemilihan, kami akan berusaha semaksimal mungkin agar semua nama yang di coret tersebut pada akhirnya dapat menggunakan hak pilihnya dengan terbitnya e-KTP,” kata dia. (*)


Tag
div>