SABTU , 20 OKTOBER 2018

Rayakan Hardiknas, IGI Parepare Rancang Gerakan 100 Guru Menulis

Reporter:

Editor:

hur

Senin , 25 April 2016 17:14

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Meski baru dilantik belum lama ini, kini pengurus baru Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Parepare periode 2016-2019 yang diketuai M. Syukur Salman merancang ‘Gerakan 100 Guru Parepare Menulis’ bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Parepare.
 
Program yang dirancang khusus untuk memeriahkan bulan pendidikan nasional pada Mei mendatang tersebut akan mendata 100 guru yang akan berkontribusi satu tulisan yang bertemakan pendidikan, mengadakan workshop sehari tentang kepenulisan kepada 100 guru tersebut, melakukan editing naskah tulisan 100 guru hingga layak cetak, menerbitkan tulisan 100 guru dalam bentuk buku, dan malaunching tulisan itu.
 
Ketua IGI Kota Parepare, M. Syukur Salman, Senin, (25/4) mengatakan, jika dilaksanakannya gerakan tersebut mengingat peran guru sangat terkait dengan aktivitas tulis menulis.
 
“Guru identik dengan menulis sehingga sangat disesalkan kurangnya guru yang gemar menulis,” ujar Kepala SDN 71 Parepare ini.
 
Menurutnya, alasan itu pula yang mendasari kegiatan tersebut agar para guru ikut andil dalam gerakan literasi yang digaungkan Kemendikbud dan IGI. “Semoga dengan kegiatan ini, Parepare juga bisa menjadi Kota Literasi,” harapnya.
 
Lanjutnya, dia berharap para guru dapat bersedia menjadi kontributor dalam gerakan tersebut yang tidak membebani guru dalam biaya pendaftaran alias gratis. selain itu, para kontributor wajib memerhatikan hal-hal berikut, yaitu setiap sekolah dapat diwakili 1 – 5 orang guru, guru yang mempunyai tugas tambahan,  PNS maupun Non PNS, pendaftaran dapat secara kolektif sekolah maupun pribadi guru,  pendaftaran melalui akun facebook Ikatan Guru Indonesia Parepare,  pendaftaran selambat-lambatnya tanggal 25 April 2016 pukul 24.00 wita, penyerahan naskah tulisan paling lambat tanggal 30 April 2016 setelah atau sebelum workshop kepenulisan,  bentuk tulisan dapat dipilih (artikel, opini, essay, dan feature), bukan prosa dan puisi, panjang tulisan 2 – 3 halaman A4, font Arial 11, spasi  1 ½ dan margin 2,5 atas bawah kanan kiri.
 
“Tema tullisan adalah Pendidikan, Sub Tema, Guru, Siswa, Permasalah Pendidikan, Inovasi pembelajaran, dll. Setiap guru kontributor akan mendapat buku “100 Guru Penulis Parepare” yang tentu saja terdapat tulisan guru bersangkutan dan menjadi salah satu pengarang buku tersebut,” pungkasnya.


Tag
div>