MINGGU , 21 OKTOBER 2018

13 Sekolah Terpencil Kini Siap Ikut UNBK

Reporter:

Al Amin

Editor:

asharabdullah

Kamis , 08 Maret 2018 12:30
13 Sekolah Terpencil Kini Siap Ikut UNBK

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo. Dok. RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), berbagai persiapan terus dilakukan. Termasuk mengupayakan UNBK juga bisa dilaksanakan di sekolah-sekolah wilayah pulau-pulau dan pegunungan.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo mengaku hanya mengkhawatirkan 13 sekolah di daerah terpencil.

“Yang kita khawatirkan dari awal itu terdapat 12 sekolah di pulau dan 1 di pegunungan. Akhirnya kita sudah atasi. Kita mengirim genset untuk sekolah yang tidak memakai listrik,” kata Irman, Rabu (7/3) kemarin.

Sekolah terjauh, lanjut Irman, yang siswanya harus ikut UNBK, berada di pulau terluar di Kabupaten Pangkep. Butuh 60 jam untuk tiba di sana. Kalau memang tidak bisa dilaksanakan UNBK di pulau terluar itu, terpaksa akan ditarik ke pulau terdekat.

“Harus ditempuh tiga hari menggunakan kapal untuk tiba di sana. Lebih jauh dibanding ke Jakarta,” ungkapnya.

Namun, ternyata usaha yang dilakukan cukup baik. Pihaknya sudah kirim genset untuk pasokan listrik. “Kita juga lagi berupaya dalam pekan ini bisa masukkan jaringan internet ke sekolah tersebut,” jelas lelaki yang akrab disapa None itu.

Disdik saat ini juga sementara mengupayakan agar siswa di kecamatan Seko kabupaten Luwu Utara bisa melaksanakan UNBK di sekolah sendiri. “Ini sisa menunggu profider untuk memasang jaringan internet di sana. Dan secara teknis kita dijanjikan bisa, kalau pun tidak bisa, kita akan simpan di pulau yang terdekat. Yang jaraknya 7 jam,” paparnya.

Mengantisipasi terjadi aksi pungli di SMA/SMK sederajat, None menegaskan jika pihaknya melakukan pengawasan melekat. Semua biaya untuk penyelenggaraan UNBK masuk dalam komponen dana BOS.

“Jadi tidak ada alasan untuk menarik dana dari siswa. Kalau ada yang didapat, tentu kami akan siapkan sanksi berat,” pungkasnya. (*)


div>