SABTU , 16 DESEMBER 2017

14 Aduan Pelanggaran Disiplin Jaksa

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Senin , 20 Maret 2017 12:05
14 Aduan Pelanggaran Disiplin Jaksa

Ilustrasi.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dalam kurun waktu tiga bulan terakhir ini, Asisten Pengawasan (Aswas) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulselbar, Heri Jerman, menerima sedikitnya 14 laporan dari masyarakat terkait adanya jaksa yang melanggar kedisiplinan.

Namun, dari 14 laporan tersebut hanya sebagaian kecil yang terindikasi melakukan pelanggaran.

“Dalam tiga bulan ini ada 14 pengaduan, namun semua aduan yang masuk kita lakukan klarifikasi terlebih dahulu baik itu kepada pelapor, korban dan saksi-saksi dan hasilnya kalau tidak salah empat atau lima yang terindikasi,” katanya diberitakan Rakyat Sulsel, Senin (20/3).

Dicontohkan, jika terdapat oknum jaksa yang memeras tersangka, pihaknya akan memeriksa terlebih dahulu pihak korban. “Jika ada jaksa mita uang, orangnya ditahu dan menyebutkan dimana dia berikan dan dimana alamatnya, adakah saksi, tapi lebih baik lagi kalau ada kwitansi atau rekaman. Setelah kuat buktinya baru dilakukan pemeriksaan terhadap jaksa tersebut,” ucapnya.

Ditanya soal pelanggaran dan nama jaksa yagn terlibat, Heri menolak menyebutkan nama sebelum ada pemeriksaan lebih dalam lagi. (***)


div>