SELASA , 11 DESEMBER 2018

14 Calon Komisioner KPU Wajib Ikut Fit and Proper Test KPU RI

Reporter:

Suryad Maswatu

Editor:

asharabdullah

Senin , 09 April 2018 13:15
14 Calon Komisioner KPU Wajib Ikut Fit and Proper Test KPU RI

Kantor KPU Sulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pengumuman 7 nama komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel periode 2018-2023 sepertinya molor dari jadwal yakni 7 April 2018.

Sesuai jadwal yang pernah diumumkan oleh Timsel, Setelah tes lainya. Tanggal 4 April lalu tahapan akhir pengumuman 14 Besar. Kemudian penyampaian 14 nama calon komisioner ke KPU RI yakni tanggal 5-6 April, dan tanggal 7 April Timsel akan umumkan 7 nama ke publik sesuai penetapan KPU RI. Akan tetapi faktanya meleset dari jadwal sebelumnya.

Saat dikonfirmasi anggota Timsel KPU Sulsel, Bachtiar Maddatuang mengaku, terdapat satu dan lain hal sehingga Timsel belum menyerahkan 14 nama tersebut ke KPU RI.

Menurutnya, salah satu faktornya yakni Timsel baru merampungkan berkas serta kelengkapan 14 nama calon tersebut, kemudian akan diantar ke KPU RI pada Senin tanggal 9 April (hari ini) di Jakarta.

“Baru dirampungkan semua, rencana Senin 9 April besok (hari ini) baru kami akan menyerahkan secara resmi 14 nama calon komisioner ke KPU Pusat. Timsel rencana akan di temui oleh ketua KPU RI, Arif Budiman. Itu sebabnya belum diumukan,” ujarnya Minggu (8//4).

Kendati demikian, Bachtiar mengatakan, para calon 14 nama yang lolos tersebut tidak boleh gembira dulu, pasalnya pasca Timsel menyerahkan 14 nama kepada KPU RI, tentu tidak sertamerta akan dipilih 7 nama. Akan tetapi ada tes terakhir yang dilakukan oleh KPU RI.

Lanjut dia, tahapan tes akhir yang akan dilakukan oleh KPU RI terhadap 14 calon tersebut yakni melakukan Fit and Proper Test (uji kelayakan dan kepantasan) secara tertutup terhadap para calon komisioner.

Dikatakan, tujuan uji kepatutan dan kelayakan tersebut untuk mengetahui kompentensi teknis dan kompetensi manajerial yang akan di tetapkan menjadi komisioner yang baru.

Hal ini, lanjut dia penting untuk dijalankan sejalan dengan kepercayaan masyarakat terhadap sistem penyelenggara Pilkada pada saat ini.

“Uji kepatutan dan kelayakan terhadap 14 calon akan di lakukan di Makassar dalam waktu dekat. Setelah itu KPU RI akan melakukan pleno, untuk menentukan tuju nama anggota KPU Sulsel yang baru,” tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Timsel KPU Sulsel, Basti Tetteng, menegaskan, pendaftaran, hingga tes calon anggota komisioner KPU Sulsel berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan pusat.

Dia menambahkan, Timsel juga telah melibatkan masyarakat, akademisi, jurnalis dan berbagai latar belakang untuk memberikan masukan dan tanggapan ke Timsel KPU terkait latar belakang bakal calon yang akan diumumkan.

Penelitian berkas dan kelengkapan administrasi pendaftar sampai seleksi tes tertulis, wawancara dan tes kesehatan sesuai jadwal,” katanya.

Menanggapi mulurnya pengumuman komisioner. Pakar politik Unhas Makassar, Jayadi Nas menuturkan pihak Timsel seharusnya menjalankan tugas sesuai jadwal yang telah di umumkan ke publik.

Pasalnya, kata Jayadi berbagai informasi dsn pemberitaan telah disampaikan jika tahapan pengumuman waktu sampai sekian. Oleh sebab itu, ia berharap dengan mulurnya pengajuan 14 nama tak ada negosiasi calon titipan pada nama yang akan diputuskan KPU RI.

“Seharusnya Timsel jalankan sesuai jadwal. Kita juga berharap agar tak ada unsur titipan nama atau lainya pada keputusan 7 nama yang diputuskan KPU RI nanti,” harap mantan ketua KPU Sulsel itu. (*)


div>