RABU , 22 AGUSTUS 2018

15 KK Ikuti ToT Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Rabu , 13 April 2016 20:22

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Yayasan Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Masyarakat (YLP2EM) intens majukan kesejahteraan perempuan dan masyarakat miskin.

Kali ini, YLP2EM dalam Program Maju Perempuan untuk Indonesia (Mampu) kerja sama Bakti menggelar Training of Fasilitator (ToT) kepada 15 Kelompok Konstituen (KK) yang tersebar di empat kecamatan di Kota Parepare untuk dibekali tetang perencanaan dan penganggaran responsif gender yang partisipatif. Program tersebut digelar selama tiga hari, 12 hingga 14 April di Kantor YLP2EM.

Koordinator Program Mampu YLP2EM, Abd Samad, mengatakan, jika program tersebut untuk memberi penguatan dan bekal kepada para kelompok konstituen untuk dapat mengawal aspirasi kesejahteraan perempuan dan masyarakat miskin sebagai roh dari program mampu itu sendiri.

“Kelompok konstituen ini kita bekali pelatihan dan penguatan dalam mengawal musrenbang tingkat kelurahan yang pro pada kesejahteraan perempuan dan masyarakat miskin,” ujar, Rabu (13/4).

Selain KK, pihak Mampu YLP2EM juga bermitra dengan anggota DPRD dan media dalam memperjuangkan lima kebutuhan dasar perempuan, yaitu perlindungan sosial, kesehatan reproduksi, akses perempuan, buruh migran, dan lapangan kerja non diskriminasi.

Koordinator KK Ketilang, Kelurahan Tiro Sompe, Kecamatan Bacukiki Barat, Hj Rakibah, mengatakan, pelatihan ToT tersebut berdampak signifikan dalam membentuk mental perempuan untuk membantu masyarakat dalam memgawal program-program di musrenbang.

“Kami senang pengkajian materi dalam pelatihan ini dikemas menarik dengan lebih banyak berdiskusi, itu melatih mental dan kita diberi bekal perencanaan dan penganggaran resposif gender,” jelasnya. (***)


Tag
div>