RABU , 21 NOVEMBER 2018

Pemkab Lutim Tetapkan Dusun Kawasule jadi Kampung KB

Reporter:

Editor:

dedi

Kamis , 06 April 2017 18:26
Pemkab Lutim Tetapkan Dusun Kawasule jadi Kampung KB

int

LUWU TIMUR, RAKYATSULSEL.COM – Dusun Kawasule desa Pongkeru kecamatan Malili Luwu Timur, resmi ditetapkan menjadi Kampung KB. Daerah tersebut akan menjadi proyek percontohan pelaksanaan program KB di Lutim. Demikian dikatakan Sekda Luwu Timur, Bachri Suli, Kamis (6/4) usai mencanangkan dusun Kawasule sebagai Kampung KB.

Menurutnya, program Kampung KB ini adalah program dari Pusat, ini digaungkan kembali karena setelah reformasi program KB ini seperti tenggelam. padahal tujuan program ini sangat baik. Lewat Program kampung KB ini diharapkan angka pertumbuhan penduduk di Kabupaten Luwu Timur menjadi normal.

“Dusun Kawasule ini kami tetapkan sebagai kampung KB karena daerah ini sebelumnya tidak paham program KB, angka kelahiran dan angka kematian baik bayi maupun ibu tidak seimbang, makanya ditetapkan sebagai kampung KB,” ujar Bahri Suli

Lanjut dikatakannya, kelebihan program Kampung KB ini adalah mempercepat pembangunan, dimana kedepan Dusun Kawasule ini akan menjadi perhatian semua stok holder, sehingga kampung ini akan cepat maju baik disektor pembangunan fisik sampai pada peningkatan kesejahteraan keluarga.

Pencanangan Kampung KB ini ditandai dengan pelepasan empat ekor burung merpati kealam bebas dan penaman pohon oleh Sekda Luwu Timur dan ketua Tim Penggerak PKK Puspawati Husler. Tak hanya itu warga setempat juga mendapatkan bantuan dari Pemerintah Daerah untuk menopang lancarnya pelaksanaan program KB di Kawasule.

Abdul Gafar dari BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan yang mewakili Kepala BKKBN Sulsel, mengatakan, Luwu Timur salah satu daerah di Sulawesi Selatan yang masuk dalam zona aman dalam pengendalian pertumbuhan Penduduk. Angka pertumbuhan penduduk di Kabupaten Luwu Timur saat ini mencapai 2,71 persen. Artinya program KB di Lutim sudah berjalan sesuai harapan.

“Kenapa bisa demikian karena berdasarkan data yang masuk kekami, Warga Lutim saat ini sudah banyak yang pakai kontrasepsi jangka Panjang,” ungkap gafar

Ia juga mengapresiasi perhatian Pemkab Lutim yang ternyata sangat fokus dalam hal pengendalian penduduk.


div>