RABU , 15 AGUSTUS 2018

170 Bank Ikuti Sosialisasi Sensus Ekonomi

Reporter:

Editor:

hur

Rabu , 20 April 2016 17:00

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel melakukan sosialisasi sensus ekonomi 2016 bersama perbankan se-Sulawesi Selatan yang berlangsung di Hotel Grand Clarion, Rabu (20/4).

Kepala BPS Sulsel, Nursam Salam mengungkapkan, sensus ini dilakukan kepada seluruh bank di Sulsel, baik induk, cabang, maupun unitnya. “Semua bank akan tercover. Datanya terkait output dan input bank tersebut,” katanya.

Ia mencontohkan data yang dibutuhkan, diantaranya tren, omset, dan tenaga kerja bank. “Untuk sosialisasi ini, jumlah bank yang hadir sebanyak 170 bank. Itu terdiri dari seluruh bank di Sulsel, baik induk, cabang, maupun unit,” sebutnya.

Sosialisasi ini bertujuan untuk menyebarluaskan manfaat sensus ekonomi kepada pelaku usaha, diharapkan peran aktif stakeholder dalam penyelenggaraan sensus ekonomi, dan menumbuhkan kesadaran pelaku usaha untuk memberikan jawaban baik, jujur, dan apa adanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Agus Arifin Nu’mang, meminta agar perbankan memberikan data yang betul-betul valid. Sebab, ini penting untuk membuat sebuah kebijakan.

“Kita minta seluruh perbankan memberikan data valid, sehingga data yang diperoleh adalah angka ril. Itu akan menjadi dasar untuk kita membuat kebijakan, baik kabupaten, provinsi, maupun nasional,” tuturnya.

Ia berharap, sensus ekonomi dapat bermanfaat bagi dunia usaha dan perbankan. “Pendapatan perkapita kita tujuh tahun lalu 9.8 juta, sekarang sudah 41 juta. Kalau ekonomi dan pemerataan dijaga terus, Insya Allah posisinya sudah diatas 50 juta tahun 2018,” katanya.


div>