KAMIS , 18 OKTOBER 2018

187 Warga Terima Surat Nikah

Reporter:

Editor:

hur

Jumat , 08 April 2016 16:50
187 Warga Terima Surat Nikah

int

PINRANG, RAKYATSULSEL.COM – Tidak kurang 187 orang warga Kecamatan Mattiro Bulu, Pinrang diberikan surat nikah oleh Kantor Urusan Agama setempat dalam Sidang Isbaht Terpadu yang digelar di Kantor Camat Mattiro Bulu, Kamis (7/4).

Sidang Isbath Terpadu yang dilaksanakan Pengadilan Agama Pinrang Kelas I B bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pinrang ini, turut dihadiri Wakil Bupati Pinrang, Muh Darwis Bastama, Ketua Pengadilan Agama H Pandi, dan Panitera DR Hasanuddin, Kadis Disdukcapil Andi Pabiseangi, Kasubag TU Kemenag HM Syahrir, Camat Mattiro Bulu Candra Yasin dan Kepala KUA Mattiro Bulu, Idris Muhammad.

Wabup Darwis Bastama mengatakan, pemberian surat nikah bagi warga yang belum memilikinya merupakan kemudahan yang diberikan pemerintah, karena memang setiap warga yang sudah kawin harus memiliki surat nikah.

Wabup heran, walaupun sudah kawin tetapi masih ada saja yang belum memiliki akte nikah. Padahal, dokumen surat nikah adalah syarat penting dalam satu keluarga untuk memudahkan urusan, termasuk urusan pelaksanaan ibadah haji, umrah, pengurusan KTP, Kartu Keluarga sampai mendaftarkan anak ke jenjang pendidikan.

Ketua Pengadilan Agama Kelas I B Pinrang, H Pandi mengatakan, Sidang Isbath Terpadu ini merupakan yang keempat kalinya diadakan. Sebelumnya juga diadakan di Kecamatan Patampanua, Lembang, Lanrisang, termasuk Mattiro Bulu ini.

Menurut Pandi, sudah 1000 warga lebih yang diberikan surat nikah, diproses baik melalui KUA maupun di Kependudukan dan Catatan Sipil. Pandi menargetkan, 2016 ini semua warga yang sudah kawin tapi belum punya surat nikah sudah bisa memilikinya.

Kepala KUA mattiro Bulu Idris Muhammad menjelaskan, pihaknya telah mengumumkan kepada warga mengenai kepemilikan surat nikah bagi keluarga yang belum memilikinya, didaftar lalu diverifikasi. Selanjutnya dilakukan proses wawancara dan diverifikasi ulang melalui pengadilan agama untuk kemudian diterbitkan surat nikahnya.


Tag
  • surat nikah.
  •  
    div>