SABTU , 21 JULI 2018

2.648 Jiwa Mantan Pengikut Gafatar Masih Menunggu Evakuasi

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Kamis , 21 Januari 2016 01:26

RAKYATSULSEL.COM – TNI Angkatan Laut menyatakan mantan pengikut Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) masih bertahan di Pontianak. Mereka ditampung di kamp untuk menghindari amuk massa, sebelum dipulangkan ke daerahnya masing-masing.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama M. Zainuddin menjelaskan, jumlah warga yang ditampung di Kamp Bekangdam XII, Jalan Adisutjipto, Kubu Raya, Kalimantan Barat sebanyak 1.119 jiwa dengan 318 kepala keluarga terdiri dari 370 laki-laki, 312 perempuan, dan 437 anak-anak. Mereka berasal dari wilayah Kabupaten Mempawah.

Sementara di Kamp Kabupaten Kubu Raya terdapat 1.529 jiwa dari 112 kepala keluarga.

“Dukungan logistik selama masa penampungan didukung dari Pemprov Kalbar. Dapur lapangan diselenggarakan oleh Bekangdam XII,” jelas M. Zainuddin kepada redaksi, Rabu malam (20/1).

Dia menambahkan, para mantan pengikut Gafatar rencananya akan dievakuasi ke Jawa Tengah dan wilayah lain menggunakan KRI Teluk Bone pada Kamis besok. TNI-AL juga menyiagakan KRI Gilimanuk untuk mengantisipasi bertambahnya jumlah warga yang dievakuasi.

“Saat ini (KRI) masih berada di Kolinlamil menunggu proses administrasi,” imbuh M. Zainuddin. [rmol]


div>