SELASA , 16 OKTOBER 2018

2015, BKPMD Keluarkan 21.775 Izin Investasi

Reporter:

Editor:

hur

Senin , 25 Januari 2016 15:40

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) BKPMD Sulsel, Said Wahab menyebutkan, pihaknya telah mengeluarkan 21.775 izin investasi pada 2015. Diktakannya, yang paling banyak bersumber dari sektor energi dan sumber daya mineral yang memiliki 468 izin.

Bahkan, kata dia, kalau izin mau dijumlahkan secara keseluruhan, nilainya di atas Rp 20 triliun. Namun, terdapat sektor-sektor lain yang hanya memiliki dokumen dan tidak memiliki nilai investsi.

“Katakanlah sektor perikanan. Kalau kita asumsikan 1 unit kapal mungkin hingga Rp 3 miliar, tetapi nilai investasinya tidak disebut. Tetapi begitu keluar izinnya, itu bergerak dan ril nilai inevstasinya. Artinya, ada tenaga kerja di situ dan pergerakan ekonomi,” ungkap Said saat ditemu di ruang kerjanya, Senin (25/1).

Ia menyebutkan, sektor yang tidak terhitung nilai investasinya, yakni bidang koperasi, sosial, kelautan, perikanan, perhubungan, peternakan, ketenagakerjaan, dan pekerjaan umum.

Berdasarkan indikator 2015, Ia menilai sektor perizinan tahun ini paling banyak pada sektor perikanan, pertambangan, perhubungan, kehutanan, dan kesehatan. “Setiap tahun ada peningkatan 60 hingga 70 persen. Saya yakin tahun ini jauh lebih besar,” tuturnya.

Per 25 Januari hari ini, jumlah izin investasi yang dikeluarkan BKPMD telah mencapai 159 izin. Yang paling banyak, kata Said, bersumber dari sektor energi dan sumber daya mineral.

“Ada beberapa nilai investasinya yang terhitung, cuma tidak keseluruhan senilai Rp946 miliar. Kita tidak hitung semua, kan ada juga izin pertambangan yang skalanya kecil,” jelas Said.


div>