RABU , 14 NOVEMBER 2018

2016, Delapan Inovasi Bank Sampah Lahir

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Selasa , 27 Desember 2016 14:32
2016, Delapan Inovasi Bank Sampah Lahir

Ilustrasi Kantor Balaikota Makassar. foto: net

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Program Bank Sampah berhasil mereduksi sampah seberat 900 hingga 1.000 ton sepanjang Januari hingga Desember 2016. Selain reduksi sampah yang diklaim berhasil, nasabah Bank Sampah juga diklaim sukses yakni tercatat sebanyak 12.000 nasabah.

“Kemudian, sepanjang 2016, uang yang bisa dinikmati masyarakat dalam pelayanan bank sampah pusat sudah sebesar 2,5 miliar rupiah,” jelas Muhammad Nasrun, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Daur Ulang Pengelolaan Sampah pada Awarding Bank Sampah 2016 di kediaman pribadi Walikota Makassar, Jl Amirullah, Senin (26/12).

Meski demikian, menurut mantan Kepala Seksi Kebersihan Kelurahan Maloku, Kecamatan Ujungpandang ini, pencapaian tahun ini masih bisa ditingkatkan di tahun depan.

“Kita sangat berharap tahun depan bisa lebih tinggi lagi. Alhamdulillah, bapak wali kota sangat merespon kami dengan memberikan bantuan dua unit mobil baru lagi kepada bank sampah pusat. Karena selama ini setiap hari ada 30 sampai 40 bank sampah yang minta dijemput, sementara kami kekurangan armada,” ujarnya diberitakan Rakyat Sulsel, Selasa (27/12).

Di tempat sama, Ketua Yayasan Peduli Negeri, Saharuddin Ridwan, mengatakan, selama tahun 2016, Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto berhasil menciptakan delapan inovasi terkait Bank Sampah yang berjalan maksimal. Diantaranya, Sampah Tukar Beras, Sampah Tukar Produk Dapur Rumah Tangga, sistem pembayaran Online melalui Bank Sampah, Aplikasi Tangkasarong, Bank Sampah Pulau, Bank Sampah Balaikota, Sampah Tukar Es Cream dan Banggama Rong.

“Jadi semua inovasi bank sampah melalui layanan ini diciptakan sendiri oleh bank sampah unit selain aplikasi tangkasarong yang dibantu oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Makassar,” ujar Saharuddin.

Sebagai informasi, pada kegiatan yang mengusung tema ‘Dari Bank Sampah untuk Makassar Dua Kali Tambah Baik’ ini, pada pengelola Bank Sampah se-Kota Makassar beradu kreatifitas. Sebanyak 351 bank sampah menjadi peserta mulai dari Bank Sampah Unit (BSU), Bank Sampah Sektoral (BSS), Bank Sampah Perkantoran, Bank Sampah sekolah dan bank sampah lainnya.

Hasil kreativitas daur ulang sampah dari pengelola bank sampah antara lain tas, tempat tissu, bunga, topi, tempat air minum, tempat jarun, tabungan anak-anak, tempat kue, becak, baju, sandal dan lain-lain. (***)


div>