SELASA , 20 NOVEMBER 2018

2016, Tokopedia Catat Prestasi

Reporter:

Editor:

dedi

Rabu , 28 Desember 2016 22:13
2016, Tokopedia Catat Prestasi

Ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Salah satu e-commerce yang sedang melejit di Indonesia yakni Tokopedia telah berhasil mencatat berbagai pencapaian sepanjang 2016 ini.

Sudah ada lebih dari satu juta masyarakat Indonesia yang memulai bisnis di Tokopedia. Triliunan rupiah berhasil mereka raih setiap bulannya, lewat lebih dari 30 juta jenis produk siap dibeli dengan harga terbaik yang transparan. Hal tersebut diungkapkan Media Relations Tokopedia, Antonia Adega, Rabu (28/12).

Dalam kemudahan pembayaran, kata Antonia, pihaknya fokus memungkinkan masyarakat melakukan pembayaran tunai di gerai retail seperti Indomaret, 7-Eleven, Alfamart, Alfamidi dan Lawson.

“Inovasi ini memungkinkan masyarakat Indonesia yang tidak memiliki akun bank untuk bertransaksi online. Selain itu, kami juga memungkinkan merchant kami memberikan cicilan 0 persen selama 12 bulan ke seluruh customer mereka—dengan pembayaran penuh diterima langsung oleh merchant terlepas dari customer membayar lewat cicilan ke mitra bank kami,” terangnya.

Mengenai kemudahan logistik, pihaknya berinovasi dengan on demand delivery lewat Gojek, Grab dan Ninja Xpress. “Integrasi ini memungkinkan pembeli menerima produk dalam hitungan jam jika berbelanja dari penjual yang tinggal di kota yang sama dengan mereka. Saat ini, total sudah ada 12 logistik yang menjadi mitra kami dalam pengiriman,” ungkap Antonia.

Tokopedia juga menggandeng beberapa mitra bank dan lembaga keuangan lainnya untuk memberikan pinjaman modal lewat program Mitra Toppers, yang memungkinkan para penjual online mendapatkan akses pinjaman modal hingga Rp 18 miliar per merchant, dengan menggunakan data transaksi online mereka di Tokopedia sebagai credit score.

Sedangkan untuk kemudahan pemasaran, gerai retail offline besar seperti Ramayana, Century, Oppo, Smartfren, Luna, Yupi, Mustika Ratu dan Reckitt Benckiser pun menggandeng Tokopedia sebagai mitra mereka untuk pemasaran produk secara online.

CEO Tokopedia, William Tanuwijaya mengatakan, keberhasilan di atas tentu melibatkan banyak pihak.

“Peran serta berbagai pihak yang percaya akan visi dan misi Tokopedia, khususnya rekan media, turut membawa kami menjadi satu-satunya situs lokal dalam daftar 10 besar situs paling sering dikunjungi di Indonesia menurut SimilarWeb. Data AppAnnie di semester pertama 2016 juga menunjukkan bahwa aplikasi Tokopedia merupakan aplikasi jual beli online yang paling sering dipakai di Indonesia dengan jumlah pemakai aktif dua kali lipat dibanding pilihan lainnya,” demikian William. (Any)


div>