RABU , 17 OKTOBER 2018

2017, Gubernur Target Sekolah Ber-UNBK Meningkat 30 Kali Lipat

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Senin , 04 April 2016 23:44
2017, Gubernur Target Sekolah Ber-UNBK Meningkat 30 Kali Lipat

Ilustrasi Ujian Nasional.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, menargetkan, sekolah peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dapat ditingkatkan tiga kali lipat tahun depan. Dimana, saat ini jumlah sekolah di Sulsel yang sudah menjalankan sistem UNBK sebanyak 142 sekolah yang terdiri dari 41 SMA, 83 SMK, dan 18 SMP.

“Sulsel termasuk yang paling tinggi. Ini sekarang lima kali lipat dari tahun lalu. Saya takut juga lompat terlalu cepat, sementara kesiapan kita bersoal, nanti jadi bumerang,” kata Syahrul usai meninjau pelaksanaan UN di SMAN 17 Makassar, SMKN 1 Sulsel, dan MAN 2 Model Makassar, Senin (4/4).

Syahrul mengatakan, tahun depan peningkatannya tidak lagi sepuluh kali lipat. “Saya mau tiga puluh kali lipat. Kalau bisa semua. Ini pelan-pelan. Saya rapat dulu bersama bupati,” tuturnya.

Untuk diketahui, pekaksanaan UNBK yang hingga saat ini masih terkendala keterbatasan komputer di setiap sekolah akan dibahas oleh Gubernur. “Kita coba agendakan tahun depan kita akan lebih masif. Era digital dan komputer sudah tuntutan. Apapun yang jadi kendala harus dicarikan solusi,” ucap Syahrul.

Menurutnya, ujian berbasis IT (Information Technology) seperti ini terlihat lebih apik, terencana, dan pasti. “Saya melihat mereka (siswa) lebih happy menghadapi ujian, muka mereka ceria banget. Tidak seperti kalau ujian kertas yang ribet rasanya,” tuturnya.

Syahrul mengatakan, untuk perangkat keras pelaksanaan UN, seperti listrik tidak ada masalah lagi. “Hampir semua equipment saya cek tidak ada yang bersoal. Inilah teknologi, kita bisa antisipasi,” ujarnya.

Ia juga mengimbau agar pihak sekolah memerhatikan kenyamanan ruangan. “Tadi saya menegur AC yang kurang dingin. Saya koreksi tadi. Besok, sudah bisa diperbaik hal semacam itu,” imbau Gubernur dua periode ini. (***)


div>