SABTU , 22 SEPTEMBER 2018

2017, Lima Puskemas di Pangkep Akan Peroleh Akreditasi dari Menkes

Reporter:

Editor:

dedi

Minggu , 05 Maret 2017 14:40
2017, Lima Puskemas di Pangkep Akan Peroleh Akreditasi dari Menkes

Puskesmas Pembantu (Pustu) pulau Karanrang, kec.Liukang Tupabbiring, yang akan ditingkatkan statusnya menjadi puskesmas, tahun ini pangkep akan akreditasi paripurna 5 puskesmasnya.

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Pangkep melalui Dinas Kesehatan pada tahun 2017, menargetkan lima puskesmas untuk memperoleh akreditasi dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangkep, Indriaty Latief, Sabtu (4/3).

“Sejauh ini, dari 23 puskesmas yang dimiliki oleh Pangkep, hanya lima puskesmas yang memperoleh akridatasi tingkat Madya. Lima puskesmas tersebut diantaranya Puskesmas Balocci, Puskesmas Pangkajene, Puskesmas Ma’rang, Puskesmas Segeri dan Puskesmas diwilayah kepulauan yakni Puskesmas Liukang Tupabbiring,” ungkap Indry.

“Dari segi akreditasi, belum ada satupun puskesmas kita yang memperoleh akreditasi paripurna. Hal tersebut dikarenakan ketersediaan sarana dan prasarana serta ketersediaan tenaga yang masih sangat kurang,” tambahnya.

Indry menjelaskan, tahun ini akan disiapkan untuk memperoleh akreditasi yang rencananya akan dilakukan pada bulan april mendatang tersebut, yakni Puskesmas Bantimala, Puskesmas Minasatene, Puskesmas Taraweang, Puskesmas Bonto Perak dan Puskesmas Sabutung.

“Diluar puskesmas tersebut tetap kita persiapkaan untuk memperoleh akreditasi. Sebenarnya, harapan kita bisa 10 puskesmas yang tahun ini dapat akreditasi.  Tetapi kita realistis juga, jadi hanya lima puskesmas tadi yang kemungkinan besar dapat memperoleh akreditasi,” tutup Indry.

Bupati Kabupaten Pangkep, Syamsuddin A Hamid, yang ditemui ditempat terpisah, menaruh perhatian besar dalam bidang pelayanan kesahatan kepada masyarakat, iapun berharap agar seluruh puskesmas yang ada di daerahnya dapat memberikan pelayanan dan memiliki sarana dan prasarana yang memadai.

“Semoga saja nanti puskesmas kita seluruhnya sudah terakreditasi. Selain itu, kita juga tahun ini meningkatkan status Puskesmas Pembantu (Pustu) menjadi Puskesmas. Itu semua kita lakukan demi memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ujarnya singkat.


div>