SELASA , 23 OKTOBER 2018

2017, Pangkep Bangun Dua Waduk Tunggu

Reporter:

Editor:

dedi

Kamis , 15 Desember 2016 18:53
2017, Pangkep Bangun Dua Waduk Tunggu

Ilustrasi

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten Pangkep, segera membangun dua waduk tunggu untuk mengatasi banjir yang kerap melanda sejumlah kecamatan jika musim hujan tiba.

“Secepatnya, dua waduk tunggu ini kami bangun. Waduk tunggu ini akan mempunyai banyak fungsi dan bukan hanya untuk mengatasi banjir tapi juga jadi daerah resapan air,” ungkap Kepala dinas pekerjaan umum dan tata ruang (PUTR), Sunandar, Kamis (15/12).

Menurutnya, dua waduk tunggu tersebut akan dibangun, terletak di Kecamatan Pangkajene, yakni di kelurahan Jagong dan di Kecamatan Minasa te’ne.

“Dua lokasi yang kita pilih ini adalah daerah langganan banjir setiap tahun,” jelasnya.

“Waduk tersebut bukan hanya menjadi solusi banjir dan genangan-genangan, tetapi juga bermanfaat sebagai persediaan air saat musim kemarau tiba,” tambah sunandar.

Meski sudah memiliki grand design, Sunandar masih enggan berbicara lebih jauh, termasuk menyebut jumlah biaya yang akan digelontorkan untuk proyek pembangunan waduk tunggu tersebut.

“Belum ada hitung hitungan, yang jelas kita butuh dana besar baik dari APBD maupun APBN, karena ada lahan milik warga yang akan dibebaskan,” singkatnya.

Senada dikatakan Bupati pangkep, Syamsuddin Hamid, segera menggenjot pembangunan dua waduk tersebut, yang diharapkan menjadi solusi terhadap penanganan air di tahun yang akan datang.

“Jadi sekarang sudah ada grand designnya, cuma kita masih menghitung biaya yang dibutuhkan, yang kemudian diserahkan kepada pemerintah pusat untuk dikaji,” jelas bupati dua periode tersebut.


div>