JUMAT , 20 JULI 2018

2017, Program Home Care Paling Laku

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Senin , 05 Februari 2018 14:00
2017, Program Home Care Paling Laku

Petugas Home Care "Dottoro'ta " saat memberikan pertolongan pertama kepada korban sengatan listrik Kecamatan Manggala, Makassar, beberapa waktu lalu. Foto: ist

* Tiap Bulan, Call Center 112 Diakses 40 Ribu Kali

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Program Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar yang diinisiasi Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, Call Center 112 selama tahun 2017 menerima 40 ribu panggilan laporan pengaduan masyarakat tiap bulan. Paling banyak digunakan yakni Layanan Home Care.

Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Kominfo Kota Makassar, Denny Hidayat mengatakan, laporan pengaduan yang diterima melalui call center 112, masih didominasi laporan pengaduan Home Care.

“Laporan pengaduan Call Center 112 yang diterima dalam sebulan selama 2017 itu, paling rendah itu 32 ribu hingga 40 ribu dalam sebulan dan pelaporan pengaduan yang paling banyak yakni Home Care,” ucap Denny, Minggu (4/2) kemarin.

Lanjut Denny, secara keseluruhan laporan pengaduan Call Center 112 selama 2017 ada pada kisaran 384 ribu laporan dari masyarakat.

“Dalam sebulannya itu minimal 396 pengaduan masyarakat untuk Home Care dalam sebulan, secara keseluruhan paling rendah sebulan 32 ribu untuk layanan yang lain-lain,” ucap Denny.

Ia menambahkan, selain layananan pengaduan Home Care, layanan lain terkait dengan keamanan. “Seperti ada tawuran namun kita sudah kerjasama dengan Polrestabes dan teman-teman dari Polrestabes langsung menangani dan pengaduan tersebut secara fluktuasi,” kata Denny.

Denny berharap agar seluruh OPD dan masyarakat untuk memaksimalkan dan menggunakan layanan darurat 112 seoptimal mungkin. “Inilah yang harus digunakan secara massif, mengingat hal tersebut merupakan salah satu pelayanan terhadap masyarakat, karena masyarakat harus dilayani dan tugas kita adalah melayani rakyat,” ungkap Denny.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Naisyah T Azikin mengatakan, banyaknya pengguna layanan Home Care menandakan program tersebut diterima baik.

Olehnya itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar terus meningkatkan layanan Home Care tersebut. “Selama ini mereka turun, dengan dokter tapi kami kekurangan dokter di Puskesmas, untuk itu tahun 2018 ini kami akan menambah jumlah tenaga dokter yang fokus membantu Home Care,” ucap Naisyah. (*)


div>