SENIN , 24 SEPTEMBER 2018

2017 Target PAD Objek Wisata Lewaja Rp400 Juta

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Senin , 06 Maret 2017 21:38
2017 Target PAD Objek Wisata Lewaja Rp400 Juta

Permandian Alam Lewaja Enrekang. foto: net

ENREKANG, RAKYATSULSEL.COM – Lewaja, salah satu objek wisata Kabupaten Enrekang yang sudah dikelola pemerintah sejak tahun 1980-an ini menjadi pemasok Pendapatan Asli Daerah (PAD). Tahun 2017 ini target PAD dari objek yang mengandalkan kolam renang dan air terjun alam ini, dipatok Rp400 juta.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Enrekang, Hamsir Lodang, saat ditemui di kantornya, Senin (6/3), menjelaskan, untuk lebih memanjakan pengunjung, pihaknya kembali akan membangun beberapa fasilitas guna menambah kenyamanan dan keamanan pengunjung.

“Total anggaran untuk melengkapi fasilitas objek wisata Lewaja hampir Rp1 miliar. Dana ini untuk melengkapi fasilitas yang sudah ada, diantaranya membangun mushallah, pagar pengaman, dan pengecoran jalan menuju air terjun,” kata Hamsir yang juga mantan Camat Buntu Batu ini.

Dijelaskannya, target PAD 2016 lalu yang nilainya juga sama dengan tahun 2017 ini, tercapai 100 persen.

Hamsir optimistis PAD dari objek wisata yang jaraknya hanya 5 Km dari pusat Kota Enrekang ini, masih bisa digenjot hingga Rp600 juta per tahun dimasa masa mendatang. Tapi fasilitas penunjangnya juga harus ditambah.

Dia juga mengungkapkan keinginannya untuk memamfaatkan arus sungai Lewaja, sekira 300 meter dari titik air terjen sebagai arena arum jeram. Namun, menurutnya, itu baru sebatas gagasan, karena dana pengembangan pariwisata masih terbatas.

“Kita akan menambah dan lengkapi sarana dan prasarana untuk menambah daya tarik objek wisata di Lewaja, tetapi bertahap sesuai kemampuan keuangan pemda Enrekang,” ujar Sekretaris Umum KONI Enrekang ini. (***)


div>