SELASA , 23 OKTOBER 2018

2017, Tarif PDAM Dipastikan Tidak Naik

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Kamis , 29 Desember 2016 13:59
2017, Tarif PDAM Dipastikan Tidak Naik

Anggota Badan Pengawas PDAM Makassar, Nurmal Idrus.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Tarif untuk retribusi air tahun 2017 mendatang dipastikan tidak akan mengalami kenaikan. Hal tersebut sesuai dengan hasil pembahasan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan atau RKAP 2017, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar.

Anggota Badan Pengawas PDAM Makassar, Nurmal Idrus, mengakui, jika keputusan Direksi PDAM Makassar yang menyepakati tidak menaikkan tarif, merupakan sebuah keputusan yang bijak dan patut mendapatkan apresiasi. Karena masih banyak hal yang perlu dibenahi ketimbang menaikkan tarif air bersih.

“Berdasarkan pertimbangan daya beli dari masyarakat, Direksi PDAM menyepakati tidak merevisi tarif hingga tahun depan. Meskipun sebenarnya sesuai dengan aturan, PDAM bisa saja menaikkan tarif air tahun ini, karena revisi terakhir hanya lima tahun yang lalu,” jelasnya diberitakan Rakyat Sulsel, Kamis (29/12).

Selain daya beli masyarakat masih belum maksimal, pertimbangan lain sehingga tidak menaikkan tarif yakni belum maksimalnya kualitas layanan PDAM terhadap pelanggan.

“Syarat kontinuitas, kuantitas serta kualitas layanan diyakini belum maksimal. Sehingga PDAM mesti memperbaiki dulu tiga hal itu. Kalau itu sudah jalan, silahkan memikirkan kenaikan tarif. Kami juga mendesak agar PDAM bisa melayani pelanggan dan tercapai hingga 80 persen dari total wilayah di Kota Makassar,” tegasnya.

Sementara, untuk setoran ke pemerintah, badan pengawas telah menyepakati setoran laba naik 150 persen lebih tahun depan karena di tahun ini PDAM mendapat keuntungan cukup besar.

“Patokannya minimal Rp15 miliar, tidak boleh kurang. Meski kenaikannya cukup besar, karena tahun lalu PDAM menyetorkan Rp5 miliar, lebih bagus kalau lebih. Sebab bila dilihat laba yang diperoleh, maka setoran itu bisa didapatkan PDAM apalagi manajemennya semakin baik,” tambah mantan Ketua KPU Makassar ini.

Sebelumnya, PDAM Makassar berhasil mengumpulkan laba penjualan sebanyak Rp40 miliar pada tahun 2015 dengan manajemen baru. Laba tersebut terbilang cukup besar dibanding tahun sebelumnya yang selalu merugi dalam pengelolaan. (***)


div>