2017, Toshiba Incar Pasar Smart TV 25 Ribu Unit

GRES: Toshiba Visual Media Network Indonesia (TVMI) resmi meluncurkan Smart TV Toshiba L5650 untuk pasar Indonesia. (Toshiba Visual Media Network Indonesia)

RAKYATSULSEL.COM – Permintaan televisi diprediksi mencapai sekitar 3 juta unit dari berbagai ukuran pada tahun ini. Varian yang mengalami pertumbuhan pesat adalah Smart TV khususnya ukuran 55 inch. Proyeksinya berkontribusi sekitar 30 persen dari total pasar TV atau sebesar 900.000 unit

Potensi pasar yang cukup menggiurkan ini mendorong produsen, PT Toshiba Visual Media Network Indonesia (PT TVMI) merilis seri yang lagi hits yakni, kategori Ultra High Definition TV (UHD TV). Setelah sukses merilis UHD berukuran besar seri L5650tahun 2016, tahun ini Toshiba memperkenalkan rangkaian produk LED TV kategori UHD TV terbarunya seri U9650 dan U7650.

Menurut Haryono Simon, General Manager PT TVMI, Toshiba UHD TV seri U7650 hadir dalam tiga pilihan ukuran layar, yaitu 43 inci, 49 inci, dan 55 inci. Sedangkan Toshiba UHD TV seri U9650 memiliki 2 ukuran yaitu 49 dan 55 inchi.

“Harganya sekitar Rp 10-15 juta per unit, tergantung tipe dan ukurannya. Hingga akhir tahun kami menargetkan bisa menjual sekitar 25.000 unit,” katanya, Senin.

Terkait strategi pemasaran, penjualan langsung melalui toko-toko ritel tetap menjadi unggulan penting. Meskipun demikian pesatnya pertumbuhan pelaku belanja dalam jaringan (daring) atau online di Indonesia mendorong perseroan memanfaatkan penjualan daring mengenalkan produk terbarunya ini yang mengusung teknologi CEVO 4K.

Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), hingga 2016 jumlah pelaku belanja daring di Indonesia mencapai 8,7 juta. Jumlah itu, setara dengan 10 persen dari pengguna internet di Tanah Air

“Sampai saat ini, konsumen Indonesia memang masih banyak yang tertarik melihat langsung produknya. Mereka ingin touch (menyentuh) produknya. Perkara nanti mereka pulang lalu (langsung) belanja online dengan segala kemudahannya, bisa cicilan segala macam, itu pilihan. Namun kini kami memang mulai memasarkan penjualan produk dengan via media digital karena hal ini tengah booming,” kata Marketing & Product Manager TVMI Agung Pratomo Subagio.

Agung mengatakan strategi pemasaran produk terbaru televisi UHD Toshiba U Series menyasar pasar premium di Indonesia. Sejauh ini pihaknya telah melakukan pendekatan langsung ke konsumen.

Selanjutnya Toshiba akan mengandalkan penjualan melalui modern ritel, seperti Eletronik Solution, Electronik City, Hartono Electronik, tradisional ritel dan juga e-commerce seperti Blibli.com, Tokopedia, Matahari.com dan lain-lain.

“Pasar premium itu menggarap sekitar 900.000 unit televisi. Hingga saat ini, kami tetap ikut ambil bagian melakukan penjualan secara daring melalui diler. Penjualan online baru memberikan kontribusi sekitar 10 persen, penjualan langsung melalui toko-toko ritel tetap menjadi unggulan. Hingga saat ini total penguasaan pasar (market share) seluruh produk televisi Toshiba berada di bawah 10 persen,” katanya.