KAMIS , 26 APRIL 2018

2018, Dua Tandon Pekarong Bakal Dibangun

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Jumat , 23 Februari 2018 14:30
2018, Dua Tandon Pekarong Bakal Dibangun

Ilustrasi Kantor Balaikota Makassar. foto: net

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kota Makassar telah menyiapkan dua tandon air untuk program Pengendalian Kebakaran Lorong (Pekarong). Saat ini, lokasi pembangunan dua tandon tersebut masih sementara dalam proses pengkajian.

Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar, Takdir Hasan Saleh, mengungkapkan, ukuran tandon sama dengan yang telah disiapkan di Kecamatan Mariso sebelumnya yakni 2.000 liter. “Kita lagi cari lokasi yang tepat. Kita prioritaskan daerah kumuh dan sulit terjangkau,” ucap Takdir, Kamis (22/2) kemarin.

Tiap tahun, tandon air terus dialokasikan dengan anggaran yang tersedia. “Tahun ini kita anggarkan dua unit. Jika memungkinkan, kita tambah lagi di anggaran perubahan,” tutur Takdir.

Pekarong sangat tergantung dari reaksi cepat masyarakat. Sebab, saat terjadi kebakaran, maka masyarakat yang bertindak secepatnya. “Kita sudah edukasi untuk mengoperasikannya,” ungkap Asisten III Wali Kota Makassar itu.

Panjang selang didesain sepanjang 120 meter dengan jangkuan semprotan hingga 30-40 meter.

Kepala Bidang Operasional Dinas Damkar, Hasanuddin menambahkan, Pekarong sangat bermanfaat bagi lorong yang sulit diakses mobil damkar.

“Jika terjadi kebakaran, warga yang terlebih dahulu padamkan. Sembari kita melakukan gelar selang di lapangan untuk memadamkan,” kata dia.

Terpisah, Camat Ujung Tanah Andi Unru mengatakan, Pemadam Kebakaran Lorong (Pekarong) merupakan inisiasi yang sangat baik untuk mengantisipasi jika Mobil Pemadam Kebakaran tidak bisa masuk hingga ke lorong.

“Kita belum dihubungin soal itu (Pekarong) namun kalau dikatakan butuh kita sangat butuh karena banyak lorong yang tidak bisa dimasuki mobil pemadam yang ukuran besar,” ucap Andi Unru.

Ia menjelaskan, alasan kebutuhan Pekarong di Kecamatan Ujung Tanah pertama yakni persoalan kebakaran yang terjadi baru-baru ini. Dengan adanya Pekarong bisa membantu mempercepat pamadam api.

“Seperti kejadian kemarin, mobil tidak bisa masuk, untungnya ada mobil kecil yang bawa itu air, kita butuh Pekarong itu,” ucap Andi Unru. (*)


div>