MINGGU , 24 JUNI 2018

2018, OJK Fungsikan SLIK Tingkatkan Pengawasan Jasa Keuangan

Reporter:

Rusman

Editor:

Lukman

Selasa , 26 Desember 2017 12:25
2018, OJK Fungsikan SLIK Tingkatkan Pengawasan Jasa Keuangan

Gedung OJK

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang telah diluncurkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2017 akan diimplementasikan secara penuh per 1 Januari 2018.

Demikian disampaikan Deputi Komisioner Managemen Strategis dan Logistik OJK Pusat, Anton Prabowo di Jakarta melalui siaran persnya, Senin sekaitan dengan refleksi akhir tahun 2017.

Ia menegaskan, OJK terus mendorong penguatan infrastruktur pengawasan dan perizinan agar lebih efektif dan efisien melalui sistem layanan perizinan terintegrasi pada proses perizinan multisektoral.

Selama ini proses penerbitan perizinan memakan waktu rata-rata 105 hari dipercepat rata-rata 22 hari kerja, terang Anton.

SLIK ini merupakan salah satu infrastruktur yang sangat penting dalam sektor jasa keuangan. Dapat digunakan pelaku industri untuk mitigasi resiko khususnya resiko kredit.

“SLIK ini bertujuan menurunkan tingkat resiko kredit bermasalah mulai 2018,” paparnya. Kemudian, SLIK juga dapat mendukung perluasan akses kredit/pembiayaan.

Oleh karena itu, Anton menilai, upaya OJK mengimplementasikan SLIK tersebut sedapatmungkin mempermudah pengawasan terhadap industri jasa keuangan dalam mengurangi kredit bermasalah.

Ia menuturkan, peluncuran SLIK ini berawal dari maraknya permasalahan pada industri jasa keuangan akhir-akhir ini yang merugikan masyarakat. Akibat kurangnya pengawasan dari proses penerbitan perizinan. (*)


div>