SELASA , 12 DESEMBER 2017

2018, Proyek Tol Makassar-Maros Dimulai

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Senin , 23 Oktober 2017 13:55
2018, Proyek Tol Makassar-Maros Dimulai

Menteri PUPR M Basuki Hadimuljono (Dok JPNN)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Tingginya pertumbuhan jumlah kendaraan di Makassar memicu kemacetan lalu lintas. Bahkan, bukan cuma di Makassar, beberapa kabupaten penyanggah juga mulai kena imbas, seperti Kabupaten Maros yang bertetangga langsung dengan Makassar.

Solusi paling jitu dalam mengurai kemacetan yang makin menjadi-jadi yakni dengan penambahan infrastruktur jalan. Untuk itu, sebagai wujud perhatian pemerintah pusat, saat ini mulai dikaji proyek tol yang menghubungkan kota Makassar dan Kabupaten Maros.

Proyek yang didesain sepanjang 12 km itu rencananya akan digroundbreaking awal tahun depan.

Menteri PUPR, Basoeki Hadimuljono saat peresmian pemancangan tol jalan layang AP Pettarani akhir pekan lalu menegaskan pembangunan ruas tol Makassar-Maros bertujuan untuk mengurai kemacetan di wilayah tersebut.

“Tadi saya lewat jalan dalam karena lewat jalan utama, Maros macet. Apa jalan keluarnya? Maka diusulkan ruas tol Makassar-Maros,” paparnya.

Melihat kesiapan pemerintah daerah serta jaringan tol disekitarnya yang sudah tersedia, Basoeki berharap pembangunan ruas tol Maros—Makassar dapat dimulai pada awal tahun depan. Namun saat ini baik menteri maupun pemda setempat masih mengkaji dan mencari investor.

“Dengan adanya jaringan tol yang sudah ada maka tidak perlu lagi ada tender, kecuali dia tak sanggup baru kami tender. Dibangun 2018, tapi tergantung investornya,” ungkapnya.


div>