SELASA , 13 NOVEMBER 2018

Hadiri Panen Lobster, Syamsuddin Hamid : Ini Bisnis Yang Menggiurkan

Reporter:

Atho Tola

Editor:

Iskanto

Senin , 17 September 2018 11:38
Hadiri Panen Lobster, Syamsuddin Hamid : Ini Bisnis Yang Menggiurkan

Bupati Pangkep, Syamsuddin Hamid saat panen lobster, di pulau Balang Lompo, Kecamatan Liukang Tupabbiring, minggu (16/09).

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Bupati Pangkep, Syamsuddin Hamid, mengatakan budidaya lobster di Pangkep adalah bisnis yang menggiurkan. Hal itu ia diutaraka saat melakukan panen lobster di keramba apung milik warga, di Pulau Balang Lompo, kecamatan Liukang tupabbiring, Minggu (16/09).

“Udang bernilai ekspor ini, mulai dilirik warga, karena hasilnya cukup menggiurkan,” kata Syamsuddin dihadapan warga.

Syamsuddin yang ikut didampingi Ketua Tim PKK Pangkep, Rismayani Syamsuddin berjanji akan membantu pembudidaya lobster. Yang tentunya melalui bantuan anggaran tahun depan.

“Ini potensi yang sangat bagus, Pemkab akan bantu anggarannya tahun depan untuk nelayan lobster,” terangnya.

Terpisah Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Pemprov Sulsel, Sulkaf Latif, berharap Pangkep dapat mempertahankan statusnya sebagai daerah baru penghasil lobster di Sulsel. Selain itu, Sulkaf ikut mengajak masyarakat untuk memanfaatkan laut bukan hanya sebagai lahan budidaya lobster, melainkan budidaya di sektor lain.

“Semoga Pangkep terus berbenah, Pangkep ini daerah baru penghasil Lobster, selain Takalar dan Bantaeng, warga juga saya harap bisa kreatif dengan tambahan usaha seperti budidaya ikan dan mutiara,” harapnya/

Panen lobster di pulau Balang Lompo tersebut, merupakan lobster yang dipelihara sejak 8 bulan lalu. Hasilnya sekitar 35 kg lobster hidup dengan harga kisaran Rp.600 ribu/kg atau kisaran Rp 21 juta.

Pembudidaya lobster di pulau Balang Lompo sendiri, berjumlah 110 orang, dengan jumlah bibit mencapai 200 ekor per keramba yang berukuran 6 x 6 meter dengan tiga kali masa panen.

Selain melakukan panen, Bupati Pangkep juga melakukan restoking atau melepas kembali anak lobster yang masih kecil-kecil ke alam bebas.


div>