JUMAT , 21 SEPTEMBER 2018

25 Nasabah Bank Sampah Dapat THR

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Rabu , 21 Juni 2017 13:28
25 Nasabah Bank Sampah Dapat THR

Ketua Asosiasi Bank Sampah Indonesia (Asobsi), Saharuddin Ridwan. foto: ist for rakyatsulsel,

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Sebanyak 25 nasabah Bank Sampah Unit (BSU) Mawar Mekar RW2 Kelurahan Tamalanrea Indah, Kecamatan Tamalanrea menerima Tunjangan Hari Raya (THR). THR tersebut diambil dari keuntungan bank sampah dan sebagai bentuk penghargaan atau reward kepada nasabah terbaik.

“Ini inisiasi para pengelolah BSU saja, tidak semua seperti ini tergantung pengelolah masing-masing. Kita harap semua seperti ini,” kata Ketua Asosiasi Bank Sampah Indonesia (Asobsi), Saharuddin Ridwan yang juga Sekretaris Tim Pro percepatan program MTR Makassar diberitakan Rakyat Sulsel, Rabu (21/6).

THR tersebut, kata dia, hanya berupa sembilan bahan pokok (sembako) seperti gula, mentega dan yang lainnya. “Ada juga sebagian nasabah mencairkan tabungannya untuk kebutuhan keperluan lebaran,” tambahnya.

Dirinya juga mengungkapkan, progres pengembangan program sampah tukar beras yang bersinergi dengan pengelolaan bank sampah semakin meningkat di tiga tahun kepemimpinan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.

Jumlah nasabah bank sampah saat ini mencapai hingga 50.000 orang yang terdaftar di 760 bank sampah unit dan sektoral se-Kota Makassar. Perputaran uang dari seluruh bank sampah kurang lebih Rp20 juta sampai Rp30 juta perharinya. Jika ditaksir selama sebulan pendapatannya kurang lebih Rp600 juta sampai Rp900 juta.

“Target sebenarnya bukan hanya bank sampah meningkat tetapi partisipasi masyarakat karena sekarang total nasabah kurang lebih 50 ribu, sebelumnya di akhir tahun 2016 lalu, jumlah nasabah bank sampah berkisar 12.000 orang. Kita harap akan terus bertambah karena ini akan mempengaruhi jumlah reduksi sampah,” jelas Saharuddin.

Saat ini jumlah bank sampah yang tersebar di 15 wilayah kecamatan sudah mencapai 760 unit. Masing-masing, 508 untuk Bank Sampah Unit (BSU) di lingkungan RT/RW dengan jumlah nasabah 37.182 orang. “Kita target untuk BSU ini di setiap lingkungan RW yang jumlah 998 lingkungan,” kata Saharuddin.

[NEXT-RASUL]

Ketua Pengarah Tim Pro Percepatan dan Pengendalian MTR, Irwan R Adnan menambahkan, trend positif bank sampah ini justru memberikan dampak positif kepada masyarakat. Apalagi, saat ini sejumlah nasabah beramai-ramai telah menarik tabungannya untuk keperluan lebaran Idulfitri 1438 H.

“Ada yang mencapai sampai Rp2 juta, dan ada bahkan Rp2,7 juta di Manggala. Dia beli kebutuhan bahan bangunan,” sebut Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Makassar ini.

Dia menambahkan, program bank sampah ini para nasabah tidak hanya dapat menukarkan sampah dengan beras, tetapi bisa memperoleh sembako, tabung gas, air galon dan produk lainnya. (***)


div>