RABU , 12 DESEMBER 2018

25 SPD UMI Ikuti Pelatihan Dai dan Daiyah

Reporter:

Editor:

Lukman

Kamis , 08 Maret 2018 19:10
25 SPD UMI Ikuti Pelatihan Dai dan Daiyah

Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA didampingi Ketua LPMD UMI Prof. Dr. H. Salim Basalamah, SE, MSi saat membuka Pelatihan Dai dan Daiyah di Aula LPMD Gedung Menara UMI lantai 3, Kamis (8/3).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Sebanyak 25 Sarjana Pengabdi Desa (SPD) dan Tenaga Pengabdi Desa (TPD) dari desa binaan UMI di Kab. Enrekang, Gowa, Jeneponto, Luwu timur, Maros, Takalar dan Gowa mengikuti Pelatihan Dai dan Daiyah selama sehari, yang dilaksanakan Lembaga Pengabdian pada Masyarakat dan Dakwah (LPMD) UMI.

Pelatihan tersebut dibuka Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA didampingi Ketua LPMD UMI Prof. Dr. H. Salim Basalamah, SE, MSi di Aula LPMD Gedung Menara UMI lantai 3, Kamis (8/3).

Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA mengatakan, kegiatan ini sangat dibutuhkan sebagai bekal dalam melaksanakan tugas sebagai tenaga pengabdi di desa binaan UMI. Khususnya dalam melaksanakan kegiatan dakwah ditengah-tengah masyarakat.

“Informasi dan pengetahuan yang diperoleh selama pelatihan dapat diimplementasikan, sehingga kualitas dan keterampilan dalam berdakwah semakin baik,” ujarnya.

Lanjut dikatakan Prof Masrurah, dalam menyampaikan dakwah di masyarakat, harus menguasai bahasa dengan tutur kata yang baik. Sehingga apa yang disampaikan kepada masyarakat lebih mudah diterima.

“Berdakwah tidak harus dengan kata-kata dan himbauan, tetapi juga dengan perbuatan. Satu kata dengan perbuatan, itu dakwah yang efektif,” ungkap Masrurah.

Selama pelatihan, lanjut Prof Masrurah, peserta harus menyimak dengan baik materi yang disajikan, dan jangan disia-siakan kesempatan ini. Sehingga apa yang diperoleh hasilnya dapat bermanfaat bagi peserta dan dapat ditularkan serta diimplemantasikan kepada masyarakat.

Sementara itu, Ketua LPMD UMI Prof. Dr. H. Salim Basalamah, SE, MSi mengatakan, pelatihan ini bertujuan memberi keterampilan kepada tenaga pengabdi (SPD & TPD) di desa binaan UMI. Sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik dan kualitasnya lebih meningkat, sehingga lebih professional dalam melaksanakan tugas pengabdian, khususnya dalam kegiatan dakwah kepada masyarakat.

Selama pelatihan, peserta akan menerima materi antara lain, Metode Dakwah oleh Dr. H. M. Arfah Shiddiq, MA, Praktikum Dakwah oleh Dr. Musafir Thahir, M.Si dan Teknik Penyelenggaraan Jenazah oleh Drs. H. Abd. Rauf Assagaf, M.Pd. (Humas UMI)


div>