RABU , 13 DESEMBER 2017

277 Paket Kegiatan Pemkot Belum Dilelang

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Rabu , 04 Oktober 2017 11:00
277 Paket Kegiatan Pemkot Belum Dilelang

Ilustrasi, (int)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kota Makassar harus bekerja lebih keras. Hingga September ini, sebanyak 277 paket kegiatan belum juga dilelang. Padahal, sepanjang tahun 2017 ini, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkot seharusnya melelang 476 paket pekerjaan.

Berdasarkan data Bagian Layanan Pengadaan Barang Jasa (BLPBJ) Sekretariat Daerah Kota Makassar, 277 paket pekerjaan tersebut masing-masing terdiri dari lelang fisik, pengadaan barang, pengerjaan konstruksi, dan jasa konsultansi proyek.

Untuk 476 paket kegiaan tersebut Pemkot menganggarkan Rp730,2 miliar. ementara yang terserap hingga September sebesar Rp341,5 miliar untuk 198 paket pekerjaan.

Kepala Sub Bagian Pengadaan BLPBJ Sekretariat Daerah Kota Makassar, Surahman optimistis paket pekerjaan tersebut tidak akan dibatalkan jika proses tender selesai pada akhir September.

“Waktu pelaksaan itu bisa selesai dalam waktu tiga bulan kalau metode kerjanya pun jelas, karena biasa ada paket ditender dalam metode kerja tidak dicantumkan hari kerjanya,” ujar Surahman, Selasa (3/10) kemarin.

Namun, untuk paket kegiatan pembangunan fisik hampir pasti dibatalkan pasalnya waktu yang dibutuhkan hanya dua bulan dari sisa waktu yang ada. Sementara untuk nonfisik, pihaknya akan segera merealisasi.

Sementara itu, paket pekerjaan yang tidak ditender hingga September kemungkinan besar akan batal dan dikembalikan ke negara.


div>