SABTU , 18 AGUSTUS 2018

29 PTN-KTI Deklarasi Teguhkan Pancasila di Depan Wakapolri

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Sabtu , 17 Juni 2017 10:57
29 PTN-KTI Deklarasi Teguhkan Pancasila di Depan Wakapolri

Wakapolri, Komjen Syafruddin, menghadiri deklarasi 'Teguhkan Pancasila' di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Jumat (16/6). foto: reza riyaldi saleh/rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri Kawasan Indonesia Timur (KPTN-KTI) merupakan gabungan dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menghelat kegiatan deklarasi dengan mengangkat tema ‘Teguhkan Pancasila’ di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Jumat (16/6).

Pada kegiatan ini turut pula hadir Menteri Ristek Dikti Prof M Nasir, Ketua Konsorsium PTN se-KTI Prof Haji Masjaya, Rektor Unhas Dwia Aris Tina Pulubuhu, dan ratusan mahasiswa serta perwakilan 29 PTN-KTI.

Wakapolri, Komjen Syafruddin yang hadir pada kegiatan ini, menyampaikan semangat nasionalisme dan kebangsaan kepada para mahasiswa mahasiswi dan kalangan kampus pada umumnya harus bergelora, lantaran rasa nasionalisme dan kebangsaan ini harus dipupuk di tengah arus globalisasi dan ancaman radikalisme serta terorisme.

“Mahasiswa adalah kekuatan utama dalam memperkokoh Pancasila dan NKRI,” tegas Wakapolri.

Dia juga menambahkan, selain ajang kebangsaan kegiatan ini juga sebagai momentum menjalin silaturahmi dengan para akademisi, terlebih saat ini dalam suasana buka suci Rsmadan.

Sementara, Rektor Unhas, Dwia Aris Tina Pulubuhu, mengatakan, KPTN-KTI berpegang teguh pada konsep UUD 1945 dan Pancasila.

Menurutnya, semangat dalam satu kesatuan dengan menjunjung tinggi NKRI, dan ingin menggandeng partisipasi aktif dari masyarakat. Dimana sudah selayaknya semua menyatakan sikap dengan meningkatkan pembinaan karakter tentang bahaya radikalisme kepada mahasiswa.

[NEXT-RASUL]

“Kami tidak akan pernah luntur dan tidak akan melemah dengan upaya apa saja yang akan mengganggu NKRI,” tandasnya.

Usai mengobarkan semangat kebangsaan, Wakapolri yang didampingi Kapolda Sulsel, Irjen Pol Muktiono melanjutkan bersilaturahim bersama tokoh agama di Masjid Al Markaz Al Islami Makassar sekaligus buka puasa bersama dan akan memberikan pesan Kamtibmas terkait Cinta Tanah Air kepada jemaah masjid. (***)

 


div>