SELASA , 19 JUNI 2018

3.758 Napi Dapat Remisi Hari Raya Idulfitri

Reporter:

Irsal

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 09 Juni 2018 10:30
3.758 Napi Dapat Remisi Hari Raya Idulfitri

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Sebanyak 3.758 warga binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) se-Sulawesi Selatan mendapatkan remisi Hari Raya Idulfitri 1439 H. Hal itu diungkapkan Kepala Divisi Permasyarakatan Sulawesi Selatan, Marasidin Siregar, Jumat (8/6).

Marasidin Siregar mengatakan, menjelang hari raya Idulfitri remisi akan diberikan ke sejumlah narapidana se-Sulawesi Selatan. adapun beberapa narapidana yang tidak mendapatkan remisi, itu karena tidak memenuhi persyaratan.

“Ada 3.758 Narapidana yang akan diberikan remisi tahun ini, itu jumlah keseluruhan di wilayah Sulawesi Selatan. Kalau tidak dapat bukan karena kasusnya, akan tetapi ada persyaratan yang belum terpenuhi,” ujar mantan Kepala Lapas Kelas I Makassar ini.

Terkait hal itu, pihak jajaran Kejaksaan Tinggi Sulsel dan Kantor Wilayah Kemenkumham telah melakukan rapat koordinasi terpadu, dimana dihadiri Kejari dari daerah masing-masing serta melibatkan Kepala Lapas maupun Kepala Rutan, kepolisian dan hakim.

Kasipenkum Kejati Sulsel, Salahuddin menjelaskan, bahwa inti rapat tersebut untuk membangun sinergitas dan koordinasi untuk penyelesaian permasalahan hukum baik pidana umum maupun pidana khusus dalam konsep Criminal Justice Sistem.

Dalam pembicaraan tersebut, Kajati juga menegaskan bahwa apabila ada tahanan yang mau berakhir, jangan segan-segan untuk menyurat. Kalau perlu tembusannya ke jaksa tinggi, agar jaksa tinggi tahu perkembangan.

“Selain itu, juga akan membentuk tim terpadu penanganan narkoba. Tim ini mempetakan titik rawan lalulintas narkoba, dan melakukan operasi secara terpadu. Melibatkan segala sektoral, yang diutamakan kedepannya adalah pencegahan. Namun juga penindakan juga sangat perlu,” terangnya.
Dalam kesempatan tersebut, juga dibahas tentang pembinaan narapidana di Lapas maupun di Rutan. Pembinaan tersebut antara lain dalam hal peningkatan mental dan skill. (*)


div>