SENIN , 10 DESEMBER 2018

30 Kreator Makassar Pamer karya di Makerfest 2018

Reporter:

Nhera

Editor:

Iskanto

Minggu , 14 Oktober 2018 18:28
30 Kreator Makassar Pamer karya di Makerfest 2018

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pameran produk karya kreator lokal dan workshop bisnis kreatif Makerfest 2018 digelar di Lapangan Parkir Phinisi Point, Makassar, Sabtu dan Minggu (13-14/10). Ada 30 kreator lokal yang memamerkan karya unik dan inovatifnya serta sajian hiburan musik.

Makerfest merupakan platform independen yang memiliki misi untuk mencari, mengedukasi dan menginspirasi kreator Indonesia.

PR Committee Makerfest 2018 Antonia, mengatakan bahwa hadirnya Makerfest bertujuan untuk mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), sebagai kreator lokal agar berkembang dan semakin naik kelas.

“Makerfest hadir sebagai panggung online dan panggung offline bagi para kreator Indonesia untuk merealisasikan dan mengembangkan ide usaha kreatif mereka. Kami berharap ajang ini mampu berkontribusi terhadap penciptaan ekosistem bisnis yang lebih kondusif, sehingga semakin banyak usaha kecil yang dapat tumbuh menjadi industri lalu dari industri menjadi brand-brand masa depan Indonesia yang mendunia,” ujarnya.

Kota Makassar dipilih sebagai salah satu lokasi pelaksanaan Makerfest karena peran strategis ekonomi yang dimiliki. Sebagai kota besar di Pulau Sulawesi dengan infrastruktur memadai, Makassar menjadi pintu gerbang ekonomi Indonesia timur yang berpengaruh besar dalam perkembangan ekonomi Indonesia Timur.

“Salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi di Makassar maupun wilayah Indonesia Timur adalah UMKM. Menurut data yang dikumpulkan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Sulawesi Selatan, jumlah UMKM di Sulawesi Selatan kini mencapai 1 juta. Jumlah tersebut juga diikuti dengan kesadaran para kreator lokal untuk memanfaatkan teknologi sebagai sarana pengembangan usaha,” bebernya.

Salah satu Kreator lokal Makassar yang ikut berpartisipasi dalam ajang tersebut Ahmad Sulesana Sanrapau yang merupakan pemilik usaha produk kecantikan ‘Mabello Indonesia’ menambahkan, dengan kehadiran makerfest dapat membantu memperkenalkan kreator lokal kepada khalayak luas.

“Memungkinkan kami untuk mendapat pasar yang lebih besar melalui kegiqtan bergensi ini,” tambahnya.

Selain mengadakan bazaar, workshop dan kompetisi, Makerfest bekerja sama dengan TopCommunity (sebutan komunitas seller Tokopedia) Makassar untuk menyelenggarakan program edukasi bagi Komunitas Quiqui. Komunitas ini beranggotakan para perempuan yang berkumpul untuk memproduksi produk rajutan seperti topi, syal, sweater, serta barang kerajinan tangan lainnya. Dalam kesempatan ini, makerfest dan TopCommunity memberikan pelatihan, serta bantuan alat produksi. (*)


div>