SENIN , 19 NOVEMBER 2018

300 Ribu Warga Belum Merekam e-KTP

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Jumat , 07 April 2017 11:45
300 Ribu Warga Belum Merekam e-KTP

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar, Nielma Palamba.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Makassar, Nielma Palamba, telah melakukan berbagai cara agar semua warga Makassar tercatat dan melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektonik.

Salah satu caranya dengan menerapkan weekend service. Pelayanan tetap buka meski hari libur (Sabtu-Minggu). Program ini dijalankan sejak 2015 lalu. Namun, Dukcapil merasa program ini masih belum maksimal.

Pasalnya, dari data Dinas Kependudukan sendiri tercatat ada 1,2 juta jiwa penduduk di Kota Makassar. Namun, hingga saat ini masih ada ratusan ribu warga yang belum melakukan perekaman KTP elektronik tersebut.

“Di Kota Makassar jumlah penduduk ada sekira 1,2 juta jiwa dan yang telah melakukan perekaman untuk pengurusan KTP elektronik itu baru sekitar 80 persen atau baru sekitar 900 ribu jiwa,” ujar Nielma diberitakan Rakyat Sulsel, Jumat (7/4).

Dari total jumlah penduduk masih ada sekitar 300 ribu jiwa yang belum melakukan perekaman.

Meski demikian, menurut Nielma, 300 ribu jiwa tersebut kemungkinan ada yang telah meninggal atau telah pindah domisili tanpa melaporkan di kelurahan setempat.

Sementara, terkait kekosongan blanko e-KTP yang sampai hari ini belum tersedia, menurutnya hal tersebut dikarenakan pengadaan blanko masih dalam proses pelelangan di Jakarta.

[NEXT-RASUL]

Kendati demikian, Nielma mengatakan warga tidak perlu khawatir, sebab pihaknya telah jauh-jauh hari telah mengeluarkan surat edaran penerbitan surat keterangan sebagai pengganti sementara e-KTP.

Surat keterangan ini dapat dipergunakan oleh warga dalam mengurus permasalahan administrasi baik itu di lembaga pemerintah maupun di bank.

“Sambil menunggu blanko, surat keterangan yang kita keluarkan itu berfungsi sebagai KTP dan sebagai dokumen yang sah,” pungkasnya. (***)


div>