MINGGU , 18 NOVEMBER 2018

32 Kandidat Melaju Menuju Pilkada 2018

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Rabu , 13 September 2017 13:00
32 Kandidat Melaju Menuju Pilkada 2018

Karikatur (Doc.RakyatSulsel)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Penjaringan calon kepala daerah di 12 kabupaten/kota di Sulsel mulai mengerucut. Dari ratusan figur yang mewacana di bursa bakal calon, sebagian besar hampir dipastikan terpental. Pasangan calon tunggal dan atau kotak kosong bahkan memungkinkan terjadi di Sidrap dan Bone.

Kans melaju sebagai calon kepala daerah memihak pada 32 kandidat untuk 12 pilkada di Sulsel. Kontestasi demokrasi lima tahunan itu, hampir dipastikan hanya diikuti maksimal diramaikan empat pasangan calon (paslon) di setiap daerah.

Penggodokan paslon melalui parpol yang kini memasuki fase penentuan di tingkat DPP, memunculkan peta koalisi yang cenderung liar di pilkada. Perbedaan kepentingan politik menjadikan rekomendasi dukungan parpol di Pilgub, bisa saja berbeda di pilkada kabupaten/kota.

Paslon tunggal memungkinkan lahir di Pilkada  Bone dan Sidrap. Petahana Andi Fashar Padjalangi yang memastikan kembali menyatu dengan Ambo Dalle, belum menemukan kompatriot sepadan.

Arus dukungan politik sementara memunculkan separuh parpol peraih kursi siap menyokong petahana Pilkada Bone. Diantaranya Golkar, Demokrat, PPP,  Gerindra dan PKS.

Saat dikonfirmasi, Ketua Bappilu Golkar Sulsel, Kadir Halid, menyebutkan, sejak awal Golkar sudah resmi menyatakan sikap mendorong kembali petahana Fashar untuk bertarung di Pilkada Bone 2018 mendatang.

“Dari awal untuk Kabupaten Bone, Golkar tak buka penjaringan. Petahana diprioritaskan,” ujarnya, kemarin.


div>