SENIN , 20 NOVEMBER 2017

3.200 Butir Obat Daftar G Diamankan Timsus Polres Gowa

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Senin , 17 Juli 2017 23:31
3.200 Butir Obat Daftar G Diamankan Timsus Polres Gowa

Terlihat puluhan kardus yang berisi obat daftar G saat Tim khusus Reserse Mobile (Resmob) Kepolisian Resor (Polres) Gowa melakukan penggeledahan di Ruko Blok C 3 Jl Malengkeri, Kecamatan Tamalate, Makassar. Foto: Reza/RakyatSulsel.

GOWA, RAKYATSULSEL.COM – Tim khusus Reserse Mobile (Resmob) Kepolisian Resor (Polres) Gowa berhasil mengungkap jaringan peredaran obat daftar G, di Jl Mangasa, Kelurahan Pandang-pandang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Senin (17/6).

Terungkapnya jaringan peredaran tersebut, setelah di bekuknya Kasmin (34) yang bekerja sebagai tukang batu, warga Jl Mangasa diduga sebagai pengedar obat daftar G. Saat dilakukan penggeledahan didalam bagasi motor, Timsus Polres Gowa yang dipimpin Ipda Emil Fahmi menemukan 3200 butir obat dalam bentuk kemasan.

Kasmin pun mengakui barang haram di pasok dari Muis Dg Nyikko, yang juga merupakan warga Jl Mangasa.

Keduanya di bekuk dan mengakui obat daftar G dengan sejumlah butir di peroleh dari Alex (50) yang berlokasi di Ruko Blok C 3 Jl Malengkeri, Kecamatan Tamalate, Makassar.

Alex selaku pemilik ruko tersebut diamankan saat berada di dalam kediamannya. Dan dilakukan penggeledahan, Tim menemukan satu unit senjata api (senpi) di salah satu perabotan rumahnya. Selain itu juga ditemukan beberapa dos yang diduga sebagai alat penyimpanan obat daftar G.

Tertunduk malu saat diamankan dan ditemukan, Alex bersama temannya, Soni (30) diduga merupakan salah satu penyalahguna obat daftar G.

Saat dikonfirmasi, Kasubag Humas Polres Gowa, AKP Tambunan membenarkan hal itu. Ia mengatakan bukan hanya ketiganya yang diamankan. Ketiga pelaku bersama temannya yakni Soni (30) diduga kuat terlibat penyalahguna obat daftar G saat dilakukan penggeledahan di ruko Blok C 3, Jl Malengkeri, Kecamatan Tamalate, Makassar.

[NEXT-RASUL]

“Keempatnya sudah diamankan, dan sewaktu digeledah di dalam rumahnya ditemukan senpi dan belasan kardus siap edar di ruko Alex. Ditangan pelaku kami juga mengamankan sebanyak 3.200 butir dengan berbagai jenis merk obat, seperti Tramadol, Somadril, Gastrul, Gynaecosit, luxuan, emperor capsyle, frixitas, 1 unit motor honda Vario bernomor polisi DD 3168 QE,” ungkap Tambunan saat ditemui di Polres Gowa, Senin (17/7).

Hingga saat ini, belasan karung obat daftar G tersebut telah diamankan beserta tiga pelaku di Mako Polres Gowa.

Ia juga menambahkan, adapula pasal yang diterapkan terhadap ketiga pelaku, yakni Pasal 196 tentang UU Kesehatan no 36 tahun 2009, antara lain memproduksi atau mengedarkan setiap barang farmasi tanpa kasiat atau resep dokter. Dan akan dikenakan ancaman pidana kurang lebih hingga 15 tahun penjara.


div>