SABTU , 16 DESEMBER 2017

330 Titik Fasum Fasos Dibanguni Perumahan

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Senin , 09 Oktober 2017 10:37
330 Titik Fasum Fasos Dibanguni Perumahan

Panitia Khusus (Pansus) Fasilitas Umum (Fasum) dan Fasilitas Sosial (Fasos) menggelar rapat perdana di Kantor DPRD Makassar, Rabu (13/4). foto: ashar abdullah/rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Tim terpadu yang dibentuk untuk mengejar keberadaan sejumlah fasum fasos, mulai menemukan titik terang. Berdasarkan identifikasi yang dilakukan melalui pengecekan google earth, terdapat 330 titik fasum fasos yang telah dibanguni perumahan. Sementara, 97 lokasi belum diketahui keberadaannya.

Kepala Inspektorat Kota Makassar, Zainal Ibrahim, mengatakan, dari pengejaran aset pemkot berupa 491 fasum dan fasos sejak Maret lalu, fasum fasos ditemukan di 430 data siteplan pengembang. 97 lokasi telah didata, namun belum dilakukan identifikasi. Pasalnya, data siteplan tersebut masih berbentuk fotokopian sehingga kurang jelas lokasi tepatnya.

“Ada beberapa juga tidak tertulis alamatnya. Kalau itu sudah ada, kita gunakan lagi google earth dan itu hasil pemetaan teman-teman Inspektorat,” ungkap Zainal Ibrahim, Minggu (8/10).

Ia mengaku, hingga kini belum sepenuhnya melakukan verifikasi fasum dan fasos yang dikuasi oleh oknum tertentu. Pihaknya hanya melakukan pencocokan saja terkait 491 data pengembang yang belum menyerahkan kewajibannya kepada Pemkot Makassar, atas rekomendasi yang dikeluarkan oleh BPK Sulsel untuk diverifikasi ulang.

Selain itu, pihaknya masih melakukan pencarian dengan menggunakan beberapa metode. Seperti pemeriksaan kelengkapan berkas dan pengecekan lokasi perumahan dengan bantuan google earth.

“Hasil pemeriksaan tersebut, lebih 26 data pengembang yang tidak didukung dengan bukti siteplan dan terdapat delapan siteplan yang belum dicantumkan dalam daftar siteplan,” jelasnya.

Dari 465 data siteplan yang telah diverfikasi oleh pihaknya, lanjutnya, terdapat 321 data yang tidak lengkap mencantumkan keterangan, serta tidak mencatat data siteplan yang sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Sementara, pemeriksaan melalui hasil pengecekan lokasi perumahan dengan metode uji petik 61 site plan, terdapat pengembang yang saat ini tidak diketahui keberadaannya, dan ada beberapa lokasi perumahan yang masih melakukan pembangunan.


div>