RABU , 21 NOVEMBER 2018

339 Wanita Telah Lakukan Pemeriksaan Dua Jenis Kanker

Reporter:

Editor:

Niar

Selasa , 18 April 2017 16:14
339 Wanita Telah Lakukan Pemeriksaan Dua Jenis Kanker

Kepala Dinas Kesehatan Kota Parepare, Mun. Yamin.

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Parepare, mirilis angka hasil pemeriksaan deteksi payudara dan leher rahim, terhadap 339 wanita antara usia di bawah 30 hingga 50 tahun. Pemeriksaan tersebut, dilakukan sejak awal tahun 2017 hingga bulan April ini.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Diskes Parepare, Sriyanti Ambar, memaparkan, dari total 339 wanita yang dideteksi dini payudara (sadanis) dan leher rahim (IVA tes), terindikasi enam orang patologis pada payudara. Sementara, kata dia, sebanyak 61 orang terindikasi patologis pada leher rahim.

“Pemeriksaan deteksi dini dilakukan dengan IVA tes, dan dapat dilakukan pada semua Puskesmas di Parepare setiap hari pelayanan secara gratis, dengan memenuhi kriteria-kriteria sebelum dilakukan pemeriksaan. Hasil pemeriksaan jika terindikasi positif, maka pemeriksaan dengan KRIoterapi dapat dilanjutkan di Puskesmas Cempae,” katanya, Selasa (18/04/2017).

Dia menghimbau kepada masyarakat khususnya kaum wanita, untuk segera melakukan pemeriksaan. Supaya, jelasnya, penyakit tersebut tidak memasuki stadium lanjut. “Segera periksakan diri Anda, dan jangan tunggu ada gejala baru berobat. Karena, mencegah lebih baik daripada mengobati,” tegasnya.

Sementara, Kepala Diskes Parepare, Mun. Yamin, menjelaskan, serviks merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi akibat penyakit tidak menular pada wanita. Sehingga, kata dia, sangat diperlukan untuk dilakukan diagnosa dan pemeriksaan lebih awal. Hal tersebut, katanya, sebagai bentuk pencegahan dan supaya bisa dilakukan penanganan dini.

“Sebagai wujud kepedulian terhadap pencegahan penyakit kanker serviks, telah dibentuk Gerakan Parepare Peduli Kanker pada Perempuan, yang dicanangkan oleh Ketua TP PKK beberapa waktu lalu,” tandasnya. (luk)


Tag
div>