JUMAT , 25 MEI 2018

38 Ribu Warga Terancam Tidak Masuk DPT Pilgub 2018

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Kamis , 04 Mei 2017 15:39
38 Ribu Warga Terancam Tidak Masuk DPT Pilgub 2018

Ilustrasi.

BULUKUMBA, RAKYATSULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) pemutakhiran data pemilih Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 2018, Rabu (3/5). Rakor tersebut dihadiri pimpinan parpol, ormas, OKP, mahasiswa, kejaksaan, dan TNI/Polri.

Menariknya, pada Pilgub Sulsel 2018 mendatang, warga yang boleh menjadi pemilih harus memiliki KTP Elektronik atau e-KTP. Warga yang tidak memiliki e-KTP, maka, tidak bisa didaftar sebagai pemilih di Pilgub Sulsel.

Komisioner KPU Bulukumba, Awaluddin, mengatakan, warga Bulukumba yang belum memiliki e KTP, maka, tidak bisa masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Itu sesuai dengan regulasi baru dalam Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilukada.

Awaluddin mencontohkan pada Pilkada Takalar baru-baru ini. Ada sekira 4 ribu warga Takalar dicoret dari DPT karena belum melakukan perekaman e-KTP.

Tapi, Awaluddin, memastikan meski belum memiliki e-KTP, tapi kalau sudah melakukan perekaman, maka Kantor Catatan Sipil bisa mengeluarkan surat keterangan pengganti e-KTP.

Sementara, Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Bulukumba, Andi Mulyati Nur, mengatakan, data terakhir warga Bulukumba yang belum melakukan perekaman data KTP sebanyak 38.715 dari jumlah penduduk Bulukumba yang wajib e-KTP sebanyak 325.870 jiwa. Itu artinya, puluhan ribu warga yang tidak melakukan perekaman e-KTP, terancam tidak bisa masuk dalam DPT Pilgub.

Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto, yang hadir dalam rakor KPU Bulukumba tersebut, mengapresiasi langkah KPU Bulukumba sebagai upaya antisipasi awal untuk mencegah terjadinya polemik dikemudian hari, bila ada ada warga Bulukumba yang tidak terdaftar sebagai pemilih Pilgub karena tidak memiliki e-KTP.

Tomy mengajak semua pihak termasuk parpol harus aktif mensosialisasikan wajib memiliki e-KTP. Selain sebagai syarat untuk masuk dalam DPT Pilgub 2018, memiliki e-KTP merupakan upaya mewujudkan administrasi kependudukan yang lebih baik. (***)


div>