MINGGU , 21 OKTOBER 2018

4 Hercules TNI Bawa 34 Ton Bantuan Tahap Satu Untuk Rohingya

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Rabu , 13 September 2017 15:00
4 Hercules TNI Bawa 34 Ton Bantuan Tahap Satu Untuk Rohingya

int

JAKARTA, RAKYATSULSEL.COM – Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi mengatakan bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya di perbatasan Myanmar dengan Bangladesh yang dikirim Rabu (13/9) mencapai 34 ton.

Bantuan tersebut dikirim menggunakan empat pesawat Hercules milik TNI dari Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Rabu (13/9). Pelepasan sendiri dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

“Sebagaimana disampaikan Presiden, barang ini didahulukan karena paling diperlukan saat ini. Empat pesawat ini, satu dan dua sebanyak sepuluh ton, dan pesawat tiga dan empat tujuh ton. Jadi total bantuan tahap pertama adalah 34 ton,” ujar Retno di Lanud Halim.

Pengiriman bantuan kemanusiaan berikutnya menurut Retno telah dipersiapkan. Karena kondisinya tidak normal, maka persiapan dilakukan sambil berjalannya proses di lapangan.

Pemerintah berharap dengan adanya sinergi semua pihak di Tanah Air, bantuan kemanusiaan atas nama Indonesia bisa sampai kepada pengungsi. Diperkirakan pengiriman pertama ini akan sampai ke Bangladesh paling lambat Jumat mendatang.

“Sekali lagi ini situasi tidak normal, jadi kalau teman-teman perkirakan tepatnya kapan itu semua tergantung situasi lapangan. Kami berusaha agar bantuan sampai tujuan secepat mungkin,” kata Retno.

Terbaru, Kemenlu telah menerima daftar barang yang dibutuhkan pengungsi Rohingya yang ada di Myanmar. Dalam waktu dekat, pengiriman bantuan akan segera dilakukan.

(fat/jpnn)


div>