KAMIS , 13 DESEMBER 2018

4 Opsi Pengganti Andik Vermansah di Second Leg Final Piala AFF 2106

Reporter:

get_the_user_login

Editor:

faisalpalapa

Jumat , 16 Desember 2016 07:54
4 Opsi Pengganti Andik Vermansah di Second Leg Final Piala AFF 2106

int

RAKYATSULSEL.COM– Kemenangan 2-1 (0-1) Indonesia atas Thailand di first leg Piala AFF 2016 tadi malam harus dibayar mahal. Andik Vermansah mengalami cedera dan sangat mungkin tidak bisa tampil di second leg Sabtu lusa (17/12).

Winger andalan Garuda -julukan tim nasional (timnas) Indonesia- itu mengalami masalah di kaki kanan setelah berebut bola dengan dua bek lawan, Theerathon Bunmathan dan Adison Promrak, pada menit ke-19. Sempat melanjutkan permainan sesaat, pemain yang dibesarkan Persebaya Surabaya itu akhirnya terjatuh dan tak kuasa melanjutkan laga.

“Andik besar kemungkinan tidak bisa bermain di leg kedua. Ini cukup mereduksi kekuatan kami,” kata Alfred Riedl, pelatih Indonesia, di jumpa pers setelah laga yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, itu.

Hanya, Riedl belum bisa memastikan jenis cedera apa yang dialami pemain klub Malaysia Selangor FA tersebut. “Malam ini (tadi malam, Red) juga kami akan membawa dia ke rumah sakit untuk menjalani MRI (magnetic resonance imaging). Semoga tidak ada cedera serius,” harap Riedl.

Senada dengan sang pelatih, dokter timnas Syarif Alwi tidak bisa memastikan jenis cedera apa yang dialami Andik. “Kalau luka robek luar, saya bisa pastikan dia cedera apa. Tapi, ini kan di dalam,” katanya.

Ketika semua pemain dan ofisial Garuda keluar melintasi mixed zone, Andik terlihat pincang dengan kaki kanan dibalut perban cokelat. “Nanti saja ya Mas, masih sakit,” kata Andik .

Meski begitu, Riedl menegaskan bahwa Andik tetap akan diboyong bersama rombongan ke Bangkok. Siang nanti Boaz Solossa dkk berangkat ke Thailand.

Lantas, siapa yang bakal menggantikan posisi Andik tersebut? Penggantinya tadi malam, Zulham Zamrun, bermain mengecewakan. Nyaris tak ada kontribusi berarti dari winger Persib Bandung itu sampai akhir laga.

Sebaliknya, berkali-kali operannya salah. Persoalannya, stok tersisa di sayap cuma Bayu Gatra yang sama sekali belum pernah dimainkan Riedl.

Opsi lain, yang mungkin bisa dimainkan adalah Muchlis Hadi Ning Syaifulloh yang aslinya striker sebagai winger. Tapi, seperti Bayu, Muchlis belum pernah diturunkan.

Riedl mengaku belum memutuskan. Tapi, dia tidak setuju kalau Zulham disebut bermain buruk. “Saya melihat Zulham tadi bermain cukup bagus. Sama dengan pemain lainnya, dia sangat bersemangat,” puji Riedl.

Di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu lusa, Indonesia hampir pasti berada dalam tekanan berat. Karena itu, dibutuhkan winger yang bisa bermain sebagai wing back yang mampu menjaga keseimbangan antara bertahan dan menyerang.

Padahal, Zulham tidak serajin Andik untuk urusan track back membantu bek kanan Beny Wahyudi. Karena itu pula, Beny akhirnya habis pada menit ke-60 dan digantikan Lerby Eliandry. Posnya di bek kanan diisi Manahati Lestusen. (ben/c10)


div>