• Minggu, 26 Oktober 2014
Iklan | Epaper | Redaksi | Citizen Report

45 Foto Toraja Tempo Doeloe Dilelang

Senin , 18 Maret 2013 17:44
Total Pembaca : 2310 Views

TANA TORAJA, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah kabupaten Tana Toraja akan melelang foto Toraja masa lalu (tempo doeloe). Foto yang saat ini dipamerkan digedung DPRD Tana Toraja diambil antara Tahun 1911 hingga tahun 1958.

Menurut rencana foto-foto jaman lalu akan dilelang pada penutupan peringatan 100 tahun Injil Masuk Toraja (IMT), Jumat (22/3) yang akan datang.

Menurut Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung saat ditemui dilokasi pameran mengatakan saat ini foto Toraja jaman dulu yang dipamerkan ada 45 buah.

“Ada 45 karya foto Toraja jaman dulu yang sementara dipamerkan di gedung DPRD Tana Toraja merupakan koleksi dari salah satu museum di Leiden, Belanda,” kata Theofilus Senin siang, (18/3).

Dalam pantauan Rakyat Sulsel, koleksi foto yang dipamerkan terdiri dari keadaan Toraja masa lalu, mulai dari kondisi alam, bangunan asli rumah adat Toraja hingga perkembangan peradaban masyarakat Toraja mulai tahun 1911-1958.

“Saat ini sudah ada masyarakat yang menawar salah satu koleksi foto itu dengan harga Rp. 15 juta,” jelas Theofilus.

Nantinya hasil lelang karya foto Toraja jaman dulu itu akan disumbangkan untuk kepentingan pembinaan masyarakat Toraja.

Karya foto Toraja masa lalu itu menurut Bupati, sengaja dipamerkan agar semua masyarakat dapat mengetahui peradaban orang Toraja pada masa lalu.

“Foto tersebut dapat menjadi bahan renungan bagi masyarakat bagaimana kondisi Toraja masa lalu dengan kondisi Toraja saat ini, dari foto tersebut menjadi bukti bahwa orang-orang Toraja adalah orang yang visioner, intelektual dan cerdas” katanya.


Penulis: Jayadi
Editor: Mulyadi Abdillah