KAMIS , 18 JANUARI 2018

5 Menit Di Udara, Pesawat Akrobat Jatuh

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Minggu , 30 September 2012 18:22
5 Menit Di Udara, Pesawat Akrobat Jatuh

int

BANDUNG – Insiden menyesakkan terjadi di Bandung Air Show (BAS), kemarin (29/9). Sekira pukul 12.40 WITA, pesawat jenis AS 202 Bravo bernomor 5M2003 jatuh saat melakukan atraksi dalam BAS. Pilot Marsma (Purn) Noorman T Lubis dan Kolonel (Purn) Toni Hartono  tewas terbakar dalam insiden ini.

Keduanya dilaporkan meninggal di lokasi kejadian, di area Balitbang TNI AU yang berada di Kompleks Lanud Husein Sastranegara, Bandung. Noorman merupakan anggota Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) yang juga pembina terbang bermotor FASI Jabar serta mantan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) TNI AU dengan pangkat terakhir Marsekal Pertama. Sementara Toni merupakan instruktur Bandung Pilot Academy.

Pesawat diketahui itu take off pada 12.37 WITA, dan terbang selama lima menit.  Pesawat itu melakukan atraksi standar. Nass, pukul 12.42 WITA terjadi insiden di sekitar Dislitbang TNI AU, 300-400 meter dari lokasi take off.  Pesawat itu jatuh, menabrak papan nama bertuliskan Persatuan Istri TNI AU, di area Balitbang TNI AU. Pada pukul 13.52 WITA, tim penolong datang dan langsung melakukan evakuasi korban. Dugaan awal mesin pesawat tidak berfungsi saat tengah melakukan manuver di udara.

Jatuhnya pesawat ini berdampak terhadap acara BAS. Komandan Lanud Husein Sastranegara Kolonel Umar Sugeng Hariyono mengatakan, setelah ada pesawat jatuh, acara selanjutnya tidak akan ada pertunjukkan udara lagi. Namun, pengunjung masih bisa melihat pameran yang digelar di sana. Setelah pesawat jatuh, panggung utama dalam Bandung Air Show 2012 langsung terhenti. Pengunjung berangsur berkurang karena panasnya cuaca, meski ada sebagian yang melanjutkan melihat-lihat pameran.

Seharusnya setelah atraksi pesawat jenis AS-202 Bravo LM-2003 itu dilanjutkan atraksi Aerobatic The Pegasus dengan helikopter Colibri. Tapi, setelah jatuhnya pesawat tersebut otomatis pertunjukan langsung terhenti. Masyarakat juga masih menunggu kabar, apakah atraksi tersebut menjadi yang terakhir dari pertunjukan Bandung Air Show 2012.

Bandung Air Show 2012 sendiri digelar sejak 27 Septermber dan berakhir pada Minggu (30/9) hari ini. Even tahunan yang berlokasi di Pangkalan TNI AU Husein Sastranegara itu digelar untuk menyambut hari jadi Kota Bandung. 2010 lalu, diajang yang sama, juga pernah terjadi insiden kecelakaan. Kala itu, satu unit pesawat jenis Decathlon terbakar. Saat itu atraksi juga melibatkan dua pesawat. Dua pesawat melakukan start dari masing-masing ujung lintasan runway yang berbeda. Sesaat pesawat lepas landas, tiba-tiba salah satunya kembali mendarat dan terbakar.

Disinggung evaluasi BAS untuk tahun-tahun berikutnya, menurut Umar pihaknya akan berkoordinasi terlebih dulu dengan Pemkot Bandung. “Kami koordinasi ke Pemkot akan dilakukan lagi BAS ini atau dihentikan, yang pasti kegiatan ini untuk menghibur masyarakat,” tegas Umar

Senada dengan Umar, Wali Kota Bandung Dada Rosada pun mengaku akan melakukan evaluasi bersama terlebih dulu.

“Kita lihat saja dulu, toh ini hasil evaluasi BAS pertama tahun 2010 lalu kan!,” jelasnya.(int)

 


Tag
div>