MINGGU , 19 AGUSTUS 2018

50 Penyuluh Pertanian Dapat Motor

Reporter:

Editor:

hur

Kamis , 17 September 2015 15:37

WAJO, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Daerah Wajo melalui Dinas Pertanian dan Peternakan, kembali membagikan sepeda motor kepada 50 penyuluh pertanian. Kendaraan dinas tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Wajo HA Burhanuddin Unru didampingi oleh Kadis Pertanian Kabupaten Wajo IB Putu Artana di Lapangan Kantor Bupati Wajo, Kamis (17/9).

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, IB Putu Artana mengatakan, fasilitas kendaraan roda dua itu dimaksudkan untuk memudahkan penyuluh dalam memberikan pelayanan kepada petani, dengan harapan dapat meningkatkan kinerja para penyuluh pertanian di Kabupaten Wajo.

Dikatakan pula bahwa dalam dua tahun terakhir, Dinas Pertanian dan Peternakan sudah membagian 143 unit kendaraan roda dua kepada kepada penyuluh lapangan. Sementara sebagian lainnya, masih harus menggunakan motor lama, karena belum mendapat motor baru. Kadis Putu Artana menegaskan bahwa di masa mendatang, semua penyuluh akan menggunakan kendaraan roda dua dalam menjalankan tugas lapangannya.

“Jumlah penyuluh di Wajo sebanyak 163 orang, di mana yang berstatus PNS sebanyak 141 orang dan tenaga harian lepas tenaga bantu penyuluh pertanian (THLTBPP) sebanyak 22 orang. Tahun depan, tenaga penyuluh akan dicukupkan sampai 163, dan semua penyuluh pertanian bisa memakai motor,” kata Putu Artana.

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa kendaraan yang dibagikan itu merupakan kendaraan operasional untuk memudahkan penyuluh memberikan pelayanan kepada para petani, mengingat Wajo menjadi pemasok utama beras baik di Sulsel dan di Indonesia. Karena itu, kata Putu Artana, ke depannya, produksi pertanian juga harus terus meningkat.

Bupati Wajo HA Burnauddin Unru memberikan apresiasi kepada Dinas Pertanian dan Peternakan yang telah bekerja keras dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan para penyuluh. Menurut Bupati dua periode ini, wajo akan terus menggenjot sektor pertanian, karena 80 persen masyarakat bergerak di bidang pertanian.

“Dengan adanya kendaraan tersebut, sudah tidak ada lagi alasan bagi penyuluh untuk tidak melakukan pendampingan kepada para petani kita di desa-desa. Sekarang saatnya penyuluh pertanian dilengkapi dengan fasilitas agar mereka bisa bekerja optimal dalam memberikan pelayanan,” tandas Bupati Burhanuddin Unru.‎


Tag
  • Beras Wajo
  •  
    div>