SELASA , 18 SEPTEMBER 2018

52 Imigran Tujuan Australia Ditangkap Di Jeneponto

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Selasa , 11 September 2012 10:57

RAKYAT SULSEL . MAKASSAR — Kepolisian Resor (Polres) Jeneponto mengamankan 54 imigran gelap dari tiga negara yakni, Negara Afganistan, Pakistan, dan Iran diringkus di perairan Kabupaten Jeneponto, Minggu (9/9) sekira pukul 20.40 Wita lalu, saat hendak menuju Australia melalui jalur laut. Saat itu, kapal yang ditumpangi para imigran mengalami kerusakan.

Rencananya, para imigran akan didata sebelum ditempatkan di sejumlah guest house di Kota Makassar. Pihak Imigrasi mengaku tidak bisa lagi menempatkan imigran di Rudenim Bolangi Gowa lantaran sudah kelebihan kapasitas. Bahkan guest house yang ada pun rata-rata sudah penuh.

Saat proses pelimpahan dari Polres Jeneponto ke Kantor Imigrasi Makassar, dalam perjalanan sebanyak 2 imigran tersebut kabur. “Sisanya 52 orang masih dalam perjalanan menuju ke Makassar,” kata Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigrasi Makassar, Muhammad Bakri, Senin (10/9) di ruang kerjanya.

Bakri mengatakan penangkapan dilakukan setelah adanya laporan dari masyarakat. Menurutnya, kapal yang ditumpangi 54 imigran terdampar. “Kapal yang mereka tumpangi rusak hingga akhirnya terdampar di pesisir pantai. Saat mereka berteduh mereka dilihat oleh warga sekitar kemudian dilaporkan kepihak kepolisian terdekat,” ujarnya.

Rencananya 52 imigran gelap akan ditempat Wisma Dirgantara. “Yang disini ruangan kami juga cuma dua. Kapasitasnya pun hanya 4-6 orang,” katanya. Berdasarkan datanya, saat ini, sedikitnya ada lebih dari 100 imigran gelap yang ditangani pihaknya. Pihaknya terus berupaya merampungkan berkas sebelum mendeportasi warga negara asing itu. (RS8)


Tag
div>