KAMIS , 16 AGUSTUS 2018

6 Kiat ini Bisa Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Rabu , 25 April 2018 09:31
6 Kiat ini Bisa Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

int

RAKYATSULSEL.COM – Kecantikan kulit wajah merupakan salah satu aset bagi para wanita.

Tak heran, wanita berani merogoh kocek berapa pun demi mendapatkan kulit wajah yang cantik dan kencang. Meski begitu, ternyata Anda juga bisa mengencangkan kulit wajah secara alami, dengan perawatan yang lebih bersahabat di kantong tentunya.

Menurut dr. Rio Aditya, tanda-tanda kulit yang sehat adalah warna kulit merata, tidak terdapat bintik-bintik gelap atau terang, bebas dari jerawat atau benjolan, tidak kering atau berkeriput, serta tidak terasa gatal atau panas.

Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, dr. Rio menyarankan Anda untuk membersihkan wajah dari sel kulit mati dan kotoran sebanyak 2 kali dalam sehari. Gunakan air hangat, bukan panas saat mengaplikasikan pembersih wajah ke kulit wajah.

Cara alami mengencangkan kulit wajah

Kini telah banyak beredar produk kecantikan di pasaran yang bisa Anda jadikan pilihan untuk merawat kulit wajah. Meski demikian, dr. Melyawati Hermawan, Sp, KK, memiliki beberapa kiat yang bisa Anda coba untuk mendapatkan kulit wajah yang kencang secara alami.

1. Rajin membersihkan kulit wajah.

Luangkan waktu Anda untuk membersihkan kulit wajah, terutama setelah beraktivitas seharian di luar ruangan. Selelah apa pun Anda, jangan malas untuk membersihkan wajah. Kotoran, debu, polutan, ataupun mikroorganisme yang menempel bisa mengganggu metabolisme sel dan mengganggu penyerapan nutrisi ke dalam kulit wajah. Akibatnya, kulit menjadi mudah kendur.

2. Eksfoliasi.

Kulit mati yang menumpuk akan membuat kulit wajah terlihat kusam. Eksfoliasi secara teratur akan mengangkat lapisan sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel kulit baru. Saat Anda melakukan eksfoliasi, kemampuan kulit untuk menyimpan air akan meningkat. Kulit pun menjadi terjaga kelembapan serta elastisitasnya.

Gunakan pembersih wajah dengan handuk kecil yang mengandung butiran skrub, hidroxy acid, atau retinoid untuk proses eksfoliasi.

3. Gunakan pelembap dan tabir surya.

Setelah membersihkan kulit, selalu akhiri dengan mengaplikasikan pelembap. Hal ini karena pelembap akan menutrisi dan menghidrasi, sehingga kulit sehat dan tidak mudah kendur.

Selain itu, sinar matahari juga dapat menurunkan elastisitas kulit. Jadi, usahakan Anda membiasakan diri untuk menggunakan tabir surya, terutama saat akan beraktivitas di luar ruangan.

4. Melakukan pemijatan di area wajah.

Memijat wajah berfungsi untuk merelaksasi otot wajah dan memperlancar sirkulasi darah. Dengan melakukannya, kulit wajah pun mendapatkan nutrisi yang cukup dan melepaskan racun yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Bila dilakukan secara teratur, kulit akan menjadi lebih elastis dan kencang.

5. Menerapkan gaya hidup sehat.

Pola makan yang seimbang, waktu tidur yang cukup dan olahraga secara rutin dapat membantu Anda mewujudkan mimpi memiliki kulit wajah yang sehat dan kencang.

Tingkatkan konsumsi protein dan asam lemak esensial seperti susu, tahu, keju, kacang-kacangan dan ikan. Perbanyak juga asupan buah dan sayuran yang kaya antioksidan untuk melawan efek buruk radikal bebas.

Beristirahatlah dengan cukup juga. Karena saat tidur, sel tubuh akan memulihkan diri, beregenerasi, dan tubuh akan menghasilkan zat yang dibutuhkan oleh kulit agar tetap kenyal dan elastis.

Olahraga juga berkontribusi untuk kulit. Karena gerakan olah otot ternyata bisa meningkatkan sirkulasi darah dan mengencangkan otot serta kulit di atasnya.

6. Cukup minum air.

Kulit yang kendur bisa disebabkan karena dehidrasi. Jadi, minumlah air yang cukup, sehingga kulit wajah Anda dapat terjaga elastisitasnya. Perlu Anda ketahui, minum air juga dapat membantu mengeluarkan racun yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Menggunakan produk kecantikan untuk mengencangkan kulit wajah memang tak ada salahnya, selama Anda juga berkonsultasi dengan dokter. Namun, bagi Anda yang ingin mengencangkan kulit wajah secara alami, cara-cara di atas bisa Anda terapkan dalam keseharian.(RVS/klikdokter)


div>