SABTU , 17 NOVEMBER 2018

6 Kiat Sederhana Kurangi Nyeri saat Persalinan

Reporter:

Editor:

irsad ibrahim

Kamis , 14 Desember 2017 08:50
6 Kiat Sederhana Kurangi Nyeri saat Persalinan

int

RAKYATSULSEL.COM– Persalinan merupakan suatu momen yang kerap dinantikan oleh para calon orang tua baru.

Namun tak jarang, bayangan akan rasa sakit yang kelak dihadapi sering menimbulkan rasa cemas dan ketakutan dalam diri ibu hamil, terutama bila ini adalah pengalaman pertama.

Tenang, tidak perlu khawatir. Anda bisa mencoba kiat berikut untuk mengurangi rasa sakit saat persalinan:

1. Relaksasi.

Saat proses persalinan terjadi, banyak ibu yang merasa tegang karena menahan rasa nyeri. Relaksasi bisa mengurangi rasa nyeri tersebut.

Setiap kali kontraksi datang, cobalah untuk tidak memusatkan pikiran pada rasa nyeri yang terjadi. Tarik napas panjang, dan kendurkan otot-otot Anda. Putarlah musik yang Anda sukai di ruang persalinan untuk mengurangi rasa stres.

2. Mengatur napas.

Sebagaimana relaksasi di atas, mengatur napas juga merupakan langkah penting untuk mengurangi rasa nyeri saat persalinan. Tiap kali kontraksi datang, aturlah pernapasan Anda.
Tarik napas dalam lewat hidung, lalu hembuskan perlahan melalui mulut. Dengan demikian, Anda akan merasa relaks dan perhatian pun teralih dari rasa nyeri.

3. Terapi air.

Berendam dengan air hangat bisa membantu mengurangi rasa sakit saat persalinan, membuat ibu lebih relaks sehingga dapat menghadapi tiap tahap persalinan. Namun, hal ini sebaiknya dilakukan saat rahim mulai mengalami pembukaan sebesar 5 cm.

4. Kompres hangat.

Saat kepala bayi sudah terlihat di daerah vagina dan perineum (daerah antara lubang dubur dan daerah kewanitaan), akan mudah terjadi robekan dan rasa nyeri. Kompres daerah vagina menggunakan handuk hangat untuk mengurangi nyeri dan mencegah robekan di daerah tersebut.

5. Tetap bergerak.

Cobalah berjalan-jalan di sekitar kamar persalinan, duduk dengan posisi tegak, duduk di atas bola karet besar, atau lakukan posisi sujud. Selain dapat mengurangi rasa sakit, gerakan-gerakan tersebut bisa mempercepat proses persalinan karena gaya gravitasi membantu janin masuk ke ruang panggul.

6. Pijatan.

Pijatan di daerah punggung dapat mengurangi ketegangan otot dan rasa nyeri. Mintalah pertolongan suami atau anggota keluarga lain untuk memijat punggung Anda dengan lembut.

Jangan sampai rasa nyeri saat persalinan mengurangi kebahagiaan untuk menyambut sang buah hati. Lakukan kiat di atas untuk membantu mengurangi rasa nyeri, dan menolong Anda menikmati proses persalinan dengan lebih tenang.(NB/RVS/klikdokter)


div>