62 Pejabat Pemkot Siap-Siap Dimutasi

PNS. Ilustrasi Foto: Jawa Pos Group/dok.JPNN.com

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Jelang gerbong mutasi yang kembali akan bergulir di lingkup jajaran Pemerintah Kota Makassar, Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Makassar, Basri Rakhman, mengungkapkan bahwa sedikitnya ada 62 posisi jabatan yang hingga saat ini masih kosong dan masih dijabat pelaksana tugas (plt).

Basri mengaku telah menyampaikan jabatan yang masih belum memiliki pejabat defenitif tersebut kepada Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan pergantian dan mengisi posisi yang masih kosong tersebut.
“Sebagai bahan pertimbangan kami sudah menyampaikan kekosongan yang ada. Semua data-data kita sudah teruskan ke pak wali. Selanjutnya, data-data tersebut akan menjadi bahan pertimbangan bagi pak wali untuk menentukan siapa yang layak ditempatkan pada posisi tersebut,” terang Basri, Kamis (10/8).

Menurutnya, Wali Kota Makassar dalam memutuskan penempatan pejabatnya tentu yang paling utama adalah mengevaluasi dan melihat kinerja yang ada. Bahkan, dengan melibatkan ahli dan pakar dalam menilai layak atau tidaknya yang bersangkutan mengisi posisi tersebut.

BKPSDMD pun berencana akan melakukan fit and proper test melibatkan beberapa akademisi, praktisi dan pejabat senior yang berkompoten untuk melakukan seleksi.

“Termasuk eselon III dan IV akan dilakukan fit and proper test. Mereka di tes, fit and proper test terbatas. Akan dibentuk tim, tapi tidak menutup kemungkinan beliau langsung melakukan tes,” jelas Basri.

Akan tetapi, rencana ini masih menunggu kebijakan dari wali kota selaku pemangku kepentingan.

[NEXT-RASUL]
“Khusus pejabat eselon II, tidak lagi harus mengikuti assessment yang melibatkan oleh pihak asesor dari pemerintah pusat. Assesment pejabat eselon II masih berlaku selama dua tahun, jadi yang ikut tahun 2016 lalu, kalau dilakukan lelang mereka tidak ikuti lagi tinggal pendalaman dari pansel,” tambahnya

Sebelumnya, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengaku akan melantik sedikitnya 30% persen pejabat eselon III dan IV lingkup Pemkot Makassar. Termasuk diantaranya kepala bidang, kepala seksi dan beberapa camat dan lurah dalam waktu dekat ini.

“Ada lurah yang akan kita ganti. Penilaiannya sangat jelas, semua berdasarkan hasil kerja, sampai laporan keluhan dari masyarakat. Kemungkinan juga ada pejabat eselon II dan Camat mengalami pergeseran posisi, dan akan segera kita lantik dalam waktu dekat ini,” kata orang nomor satu di Makassar ini.

Danny mengakui jika telah mengantongi hasil evaluasi kinerja masing-masing kandidat. Selain dari data yang ada, ia juga mengatakan telah mendengar masukan dari masyarakat hingga berdasarkan pantauannya langsung.

Meski demikian, Danny Pomanto tetap memberikan ruang bagi para pejabat yang memiliki keinginan besar untuk melakukan perubahan. Tentu diharapkan mereka mampu berinovasi dan melahirkan prestasi bagi Makassar dan masyarakatnya.