RABU , 14 NOVEMBER 2018

6,7 Juta Pemilih di Sulsel Sudah Terjaring Coklit

Reporter:

Suryadi Maswatu

Editor:

asharabdullah

Jumat , 02 Maret 2018 14:00
6,7 Juta Pemilih di Sulsel Sudah Terjaring Coklit

Petugas coklit saat mendatangi rumah warga. (ist)

*KPU Klaim Capai Target*

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel mengklaim pelaksanaan gerakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) daftar pemilih pada Pilkada serentak tahun ini sudah rampung.

Komisioner KPU Sulsel, Mardiana Rusli mengatakan, hasil Coklit yang dilakukan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) sudah sesuai target.

“Data hasil coklit semua daerah sudah masuk, hasilnya capai target 6,7 juta Pemilih,” kata Mardiana Rusli, Kamis (1/3) kemarin.

Menurut Mardiana, semua daerah telah merampungkan rekapitulasi hasil pencocokan dan penelitian terhadap daftar penduduk pemilih pemula potensial (DP4), dan empat daerah diantaranya menunjukkan penambahan signifikan.

Oleh sebab itu, lanjut dia masih menunggu penambahan pemilih disabilitas serta pemilih pemula untuk melengkapi data coklit sebelum dilakukan pleno daftar pemilih sementara (DPS) tanggal 17 Maret mendatang. “Kita masih lakukan perhitungan pemilih baru pemilih disabilitas,” tuturnya.

Meski hasil coklit mencapai target, namun Mardiana mengaku jika masih banyak warga yang belum memiliki e-KTP sehingga dipastikan pemilih akan bertambah sesuai DP4 Disdukcapil. Selain itu kata dia, dalam daftar AKWK bisa berubah.

“Misalnya, hasil singkronisasi DPT dengan pemilih terakhir berbeda, ini semua harus diteliti,” pungkasnya. (*)

 


div>